Setelah 31 Tahun Dimakamkan, Jasad Kiai NU di Blitar Masih Utuh

Blitar, Akuratnews.com - Jasad seorang kiai Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim), masih utuh setelah 31 tahun dimakamkan. Hal itu diketahui setelah foto dan video saat proses pemindahan makam kiai tersebut viral dan membuat heboh masyarakat.

Dalam video amatir warga memerlihatkan proses pembongkaran makam Kiai Mochd Anwar Sudibyo di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Jasadnya hendak dipindahkan ke makam keluarga, di samping masjid yang didirikannya, Kamis (14/3/2019) lalu.

Namun, saat proses pemindahan, terlihat jasad kiai NU yang pernah menjabat sebagai Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cabang Blitar periode 1982-1987 tersebut masih terlihat utuh.

Menurut warga, saat diangkat, jasadnya masih terbujur kaku. Kain kafannya juga masih utuh dan hanya kotor terkena tanah.

Hal ini mengejutkan warga yang mengetahui jasad sudah dimakamkan 31 tahun yang lalu. Video dan foto proses pemindahan makam tersebut pun menjadi viral di media sosial.

Anak Almarhum Kiai Anwar Sudibyo, Mohammad Munib mengatakan, keluarga sengaja memindahkan makam Kiai Anwar karena banyak usulan dan permintaan para santri dan warga.

Mereka berharap makam Kiai Anwar dipindahkan ke makam keluarga yang juga berada di samping masjid yang didirikannya sehingga lebih memudahkan peziarah.

“Ya, kami memang ada usulan-usulan dari para santri-santrinya, murid-muridnya dan pengikutnya. Untuk memudahkan mereka yang ingin berziarah, kan kalau di tempat khusus lebih mudah,” katanya saat ditemui, Selasa (19/3/2019).

“Kalau di tempat pemakaman umum itu kan tempatnya terbatas. Jadi, kami ingin menghormati tamu yang ziarah, biar lebih mudah tempatnya. Kalau di sini, tempat khusus, tempatnya lebih luas dan tenang,” kata putra kelima Kiai Anwar Sudibyo itu.

Mohammad Munib mengatakan, Kiai Anwar Sudibyo lahir pada 14 Agustus 1914. Almarhum wafat dan dimakamkan pada 21 September 1988 di usianya yang ke-74 tahun.

Kiai Anwar merupakan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. (Red)

Penulis:

Baca Juga