Setelah Rizieq, Sukmawati juga Dapat SP3

Jakarta, Akuratnews.com - Karo Penmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi M. Iqbal menyatakan, polisi telah menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas kasus dugaan penodaan agama, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, bahwa perbuatan terlapor Sukmawati Soekarnoputri, membacakan puisi berjudul 'Ibu Indonesia' pada tanggal 29 Maret 2018 di JCC pada acara 29th Anne Avantie, disimpulkan tidak ditemukan perbuatan melawan hukum/perbuatan pidana, sehingga perkara tersebut tidak dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/6/2018).

Iqbal mengungkapkan, penyelidik telah mendengar keterangan 29 pelapor (28 pelapor+1 saksi) dan telah memeriksa terlapor. Proses penyelidik Polri, juga telah melibatkan para ahli.

"Keterangan ahli empat orang, masing-masing satu ahli bahasa, satu ahli sastra, satu ahli agama, dan satu ahli pidana," kata Iqbal.

Sebelumnya, Sukmawati dilaporkan karena puisinya yang berjudul 'Ibu Indonesia' itu, dianggap melecehkan umat Islam. Puisi tersebut, dinilai mempertentangkan Cadar Muslimah dengan Konde dan Azan dengan Kidung.

Sejak gejolak reaktif dari kalangan muslim muncul, Sukmawati pun langsung meminta maaf secara terbuka kepada umat Islam pada Kamis, 5 April 2018 lalu.

Salah satu reaksi protes yang disorot pemberitaan media massa adalah Aksi Bela Islam dari Persaudaraan Alumni 212 di depan Badan Reserse Kriminal Polri di Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat 6 April 2018.

Dengan terbitnya SP3 atas kasus dugaan penodaan Agama Sukmawati ini, maka Polisi telah mengeluarkan dua SP3 kasus yang menjadi sorotan publik dalam beberapa hari terakhir. Di momen Lebaran 2018, Ulama sentral massa 212 Rizieq Shihab, mengumumkan telah menerima SP3 atas kasus dugaan chat mesum dirinya dengan Virza Husein. (MDz)

Penulis:

Baca Juga