Rakornas Komunitas Banteng Asli Nusantara

Setuju Ganti Baju, Kombatan Kalteng Dorong Kader Masuk Kabinet

Rudy Ohoiulun, Ketua DPW Kombatan Prov. Kalimantan Tengah. (Foto Atta Ahyar/Akuratnews.com).

Jakarta, Akuratnews.com - Rakornas Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) sukses digelar di Grand Cempaka Jakarta Pusat. Salah satu putusan dalam rakornas itu adalah perubahan Kombatan dari relawan menjadi organisasi massa (ormas).

Ketua DPW Kombatan Provinsi Kalimantan Tengah, Rudy Ohoiulun mengatakan setuju dengan perubahan Kombatan yang diistilahkan dengan 'ganti Baju' dari relawan menjadi ormas itu.

"saya kira ini langkah yang harus dilakukan yaa. kalau kita tetap menjadi relawan yaa saya kira organisasi ini mau dibawa kemana? Dan memang ormas adalah jawaban atas masa depan teman-teman yang sudah berkeringat hari ini. Saya kira begitu," ujar Rudy Ohoiulun kepada akuratnews di Grand Cempaka Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019) malam.

Namun begitu, Rudy menyayangkan hasil rakornas hanya membicarakan masalah bentuk organisasi. Menurut Rudy pembicaraan rakornas belum ke dalam bentuk masa depan.  Menurut dia, seharusnya pembicaraan pada rakornas juga membahas masa depan organisasi. Harus ada yang didapatkan oleh Kombatan terkait dengan pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019 ini.

"Kita kan sudah berkeringat nih, (sehingga) harus ada 'sesuatu' yang kita dapatkan. Paling tidak kita ingin mencari apa yang akan dilakukan kombatan setelah Jokowi terpilih kembali." kata Rudy.

Bukan tanpa alasan jika Rudy juga menghendaki Kombatan juga harus mendapatkan keuntungan politis dan lain sebagainya dari pemenangan Jokowi. Sebab, menurut Rudy, Kombatan tak bisa hidup dari hanya sekedar militansi.

"Kita kan nggak hidup dari militansi itu. Logika tanpa logistik itu akan anarkis, saya kira nggak bisa," ujar Rudy.

Rudy pun menyarankan untuk mendorong figur yang ada di Kombatan duduk ke dalam kabinet kerja jokowi periode 2. Namun sayangnya tidak ada pembahasan itu dalam rakornas. Padahal menurut dia, kombatan memiliki figur dan tokoh berkelas yang pantas untuk duduk dalam kabinet Jokowi.

"Kombatan memiliki beberapa figur yang sebenarnya bisa didorong secara organisasi untuk masuk dalam kabinet Jokowi, tetapi sampai sekarang kan belum dibicarakan. Karena kalau kita menunggu itu rakernas (rencananya bulan November), pelantikan Jokowi sudah oktober, kabinet sudah tersusun. Saya kira DPN juga harus memikirkan itu." Kata dia.

Bagi Rudy, beberapa tokoh berkelas di tubuh Kombatan yang mumpuni untuk duduk dalam kabinet diantara adalah mantan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang yang juga pembina Kombatan. Selain itu, juga ada nama besar Juliari Batubara dan Jacobus K. Mayong Padang.

"kita punya banyak tokoh berkelas, ada Agustin Teras Narang disana (Kalimantan tengah), ada Pak Juliari Batubara, saya kira pak Jacobus juga bisa didorong, kurang apa lagi?" tandasnya.

Penulis:
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga