Setya Novanto Kembali Diperiksa KPK

Setya Novanto

Jakarta, Akuratnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali meminta keterangan Ketua DPR RI Setya Novanto di Gedung KPK, Selasa (10/01/17). Ia didampingi Nurul Arifin, Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar.

Setnov, sapaan akrab Setya Novanto, dimintai keterangan sebagai saksi sehubungan kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik.

Selain Nurul, Setnov datang ke KPK sekitar pukul 09.30 WIB, juga didampingi Ketua Bidang Hukum dan HAM Golkar Rudy Alfonso.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan ke dua Novanto oleh KPK. Sebelumnya, dia memenuhi panggilan Penyidik KPK, tanggal 13 Desember 2016 silam.

"Masih ada keterangan yang dibutuhkan penyidik," kata Novanto saat ditanya terkait kedatangannya di KPK, Selasa (10/01/17).

Menurut jadwal pemeriksaan KPK, hari ini juga akan ada pemeriksaan terhadap Anas Urbaningrum dan Muhammad Nazaruddin mantan anggota DPR RI Fraksi Demokrat.

Sekadar diketahui, Setya Novanto adalah Ketua Fraksi Golkar DPR, waktu proyek KTP Elektronik tahun anggaran 2011-2012 berlangsung.

Nazaruddin saat diperiksa mengatakan, Setnov adalah orang yang mengatur proyek KTP Elektronik, dan membagikan jatah ke sejumlah pihak.

Bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu juga menyebut, Novanto menerima Rp300 miliar, dari proyek yang total anggarannya hampir Rp6 triliun.

Seperti diketahui, selama hampir tiga tahun kasus yang merugikan negara sekitar Rp2,3 triliun ditangani, KPK sudah menetapkan dua orang tersangka.

Mereka adalah Irman mantan Dirjen Dukcapil dan Sugiharto, mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan. (Maria)

Penulis:

Baca Juga