oleh

Sewakan Fasilitas Negara Sekwan DPRD Kabupaten Malang Dipertanyakan

Malang, Akuratnews.com – Lembaga Sekretariat Dewan (Sekwan) Kab Malang mendapat kritikan dari berbagai kalangan, utamanya kalangan awak media terkait keberadaan lapangan tenis di area kantor DPRD Kab Malang.

Pasalnya, fasilitas Negara yang berada di area gedung DPRD Kab Malang itu, terkabar disewakan, padahal lapangan tenis tersebut adalah fasilitas Negara dan tidak memiliki Perda retribusi penyewaan.

Hasil penyewaan diduga tidak masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD), justru masuk ke kantong pribadi oknum Sekwan yang menyewakan.

Kepala Bagian Umum (Kabag) Umum Sekwan, Sutiman, saat di konfirmasi membenarkan adanya penarikan tapi bukan berbentuk sewa.

“Iya benar ada penarikan bagi pihak luar kalau menggunakan lapangan tenis itu, tapi bukan berbentuk sewa,” aku Sutiman, Rabu (22/2) saat ditemui Akuratnews.com di gedung DPRD Kab Malang.

“Itu kesepakatan mereka, buat bagian kebersihan dan besarnya 100 ribu tiap bulan,” imbuhnya.

Sementara Ketua DPRD Kab Malang, Drs Hari Sasongko menjelaskan, hingga saat ini lapangan tenis yang berada di area Gedung DPRD tidak memiliki peraturan daerah (Perda) yang mengatur restribusi penyewaan.

“Sehingga kata dia, lapangan tenis yang ada di area gedung DPRD ini seharusnya tidak boleh disewakan ke pihak lain,” jelas Hari

Hari juga menegaskan, semua fasilitas milik Negara tidak boleh disewakan ke pihak lain tanpa memiliki peraturan daerah (Perda) yang mengatur restribusi penyewaan fasililitas Negara, seperti lapangan tenis di area gedung DPRD Kab Malang, tegasnya.

“jika benar ada penyewaan lapangan tenis yang dilakukan oleh oknum sekwan tersebut, itu bisa dikategorikan pungutan liar (Pungli),” pungkas Hari. (Selly)

Loading...

Komentar

News Feed