Si Cantik Briptu Christy, Hilang Sejak 2021 Ditemukan di Hotel Kemang

Briptu Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto. [@Instagram]
AKURATNEWS – Fakta mengejutkan Polisi wanita (Polwan) Briptu Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto yang menghilang dan meninggalkan tugas sejak November 2021 lalu akhirnya ditemukan. Anggota Polresta Manado itu ditemukan di hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan pada Rabu [9/2/22] sore kemarin.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Endra Zulpan mengatakan, tim langsung mendatangi lokasi persembunyian Christy dan menyerahkan langsung ke Polda Sulawesi Utara untuk diproses etik.

Berikut 9 fakta tentang peristiwa Briptu Christy yang dirangkum, Kamis [10/2/22], di antaranya:

1. Ditangkap di hotel Grand Kemang

Briptu Christy ditangkap Rabu kemarin. Kata Zulpan, Christy ditangkap di hotel Grand Kemang. Kini, yang bersangkutan dibawa ke Markas Polda Metro Jaya. Dia sementara diperiksa di sana.

2. Di hotel sendirian

Zulpan mengungkap tidak ada siapa-siapa lagi saat Christy ditangkap. Dia seorang diri saat dicokok polisi. "(Ditangkap) Sendiri," kata Zulpan kepada wartawan, Rabu 9 Februari 2022.

3. Dipulangkan ke Manado

Briptu Christy yang masuk dalam DPO Polda Sulut itu akhirnya dibawa pulang ke Polda untuk dilakukan pemeriksaan.

"Koordinasi dengan Polda Sulut untuk dikembalikan ke Polda Sulut," kata Zulpan.

4. Dikawal ketat

Briptu Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto telah dipulangkan ke Polres Kota Manado. Dia baru tiba di sana tadi malam.

"Sudah dipulangkan. Baru sampai di sana dengan pengawalan polisi" kata Zulpan.

5. Diperiksa propam

Kapolresta Manado Kombes Julianto Sirait mengatakan jika Briptu Christy setibanya di Sulawesi Utara langsung diperiksa Propam.

"Penanganannya sementara ditangani secara intensif di Porpam," kata Julianto.

6.Viral

Briptu Christy hilang tak ada kabarnya. Dia diketahui tidak ada kabar sejak akhir tahun 2021 lalu. Informasi hilangnya Briptu Christy ini viral dan diunggah oleh akun Instagram @forumwartawanpolri yang dikutip VIVA, Sabtu 5 Februari 2022.

Diketahui, Briptu Christy merupakan anggota polisi yang berdinas di Polresta Manado, itu diketahui dari seragam terakhir yang dikenakannya dan diunggah ke instagram hingga viral.

7. Disersi

Polda Sulawesi Utara akhirnya buka suara mengenai hilangnya salah satu anggotanya seorang polisi wanita Brigadir satu (Briptu) Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto. Kabar hilangnya Christy ini viral di media sosial karena sudah tidak ada kabar sejak November 2021.

Kepala Bidang Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengutarakan fakta terkait hilangnya Briptu Christy. “Terkait kabar di media sosial tersebut, bahwa faktanya yang bersangkutan, (dia) itu desersi,” ujar Jules kepada wartawan.

8. Terancam dipecat

Kapolresta Manado akan memberikan hukuman atas perbuatan Christy yang sudah meninggalkan tugas dan tidak ada kabar sejak akhir tahun lalu itu.

“Kapolresta Manado selaku atasan Hukum akan mengajukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap yang bersangkutan melalui Sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri, karena yang bersangkutan telah meninggalkan tugas tanpa izin selama lebih dari 30 hari secara berturut-turut,” ucap Jules.

9. DPO

Polda juga sudah memasukan Christy sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) Polresta Manado yang dikeluarkan pada 31 Januari 2022, karena meninggalkan tugas sejak 15 November 2021.

“Namun kalaupun yang bersangkutan tidak kembali ke kesatuan, baik saat dicari maupun tidak dicari oleh Tim Gabungan Propam, tetap yang bersangkutan dapat dilakukan sidang secara inabsentia. Dan dapat dijatuhkan putusan sidang sampai kepada hukuman PTDH dari dinas Kepolisian,” kata dia.

Baca Juga