Konflik Teluk Persia

Siaga Penuh, Iran Pantau Pergerakan Armada Tempur AS di Teluk Persia

Armada Kapal Induk AS. (Foto Ilustrasi).

Teheran, Akuratnews.com - Konflik di Wilayah Teluk Persia terus memanas. Aksi mundurnya Amerika Serikat (AS) dari perjanjian Nuklir Iran plus sanksi yang diberikan AS kepada Iran, dijawab Iran sebagai aksi provokasi yang memanaskan wilayah Persia.

Eskalasi ribuan pasukan tambahan militer AS di sekitar Iran turut memancing konflik yang membesar. Siaga penuh, Iran membalas provokasi AS dan Inggris yang menangkap Kapal Tangker Iran di Gibraltar dengan menembak jatuh drone AS dan menahan Kapal Tanker Inggris yang dianggap melanggar zona maritim Iran.

AS membalas dengan menembak jatuh 2 drone Iran dan mengirimkan armada tempur kapal induk USS Abraham Lincoln yang dilengkapi hulu ledak nuklir serta skuadron jet tempur bomber yang kini bersiaga.

Iran sendiri tak mau mengalah. Siaga penuh, Iran memantau setiap pergerakan Armada tempur barat di Wilayah Teluk Persia.

Sputnik melansir, Panglima Angkatan Laut Iran mengatakan Teheran terus mengawasi semua kapal AS yang beroperasi di Teluk Persia. Gambaran pergerakan armada tempur AS itu sudah ditangkap oleh Iran, termasuk mengamati pergerakan militer armada Inggris yang juga dilengkapi Kapal Induk nuklir.

Iran mengklaim memiliki gambaran lengkap pergerakan harian kapal-kapal AS dan Inggris. Poin demi poin dikumpulkan Iran tiap kali armada militer AS dan Inggris bergerak.

"Kami memiliki gambar lengkap dan arsip besar lalu lintas harian dari pasukan koalisi (AS dan Inggris)," ujar Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi. Gambar lengkap itu diambil oleh drone Iran seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (23/7/2019).

Penulis:
Editor:Hugeng Widodo
Photographer:Ahmad Ahyar

Baca Juga