SIAL Interfood 2019 Akan Jadi Ajang Promosi Mamin 30 Negara

Realisasi investasi industri makanan dan minuman periode Januari-September 2019 mencapai Rp. 26,39 triliun untuk PMDN dan 1 miliar USD untuk PMA. Jumlah tenaga kerja di sektor industri makanan dan minuman pada Februari 2019 sebanyak 5,2 juta orang atau 28,52 % dari total tenaga kerja industri pengolahan yang mencapai 18,2 juta orang.

Jakarta, Akuratnews.com - Bagi para pencinta dan pelaku bisnis di dunia kuliner kembali akan dimanjakan dengan gelaran Expo bertaraf internasional. Sebanyak Tiga puluh negara akan saling unjuk gigi akan produk makanan dan minuman (Mamin) khas negara masing-masing. SAIL Interfood 2019 hasil besutan kerjasama dengan negara Francis, SIAL yang memiliki kepanjangan Salon International de l’Alimentation, memiliki jaringan yang cukup besar di wilayah negara-negara Eropa, Asia, Timur Tengah, dimana sudah ke-19 kalinya digelar di Indonesia.

CEO Krista Exhibition Daud Dharma Salim, mengatakan lebih dari 880 perusahaan yang terdiri dari 30 negara akana menjadi ajang pertunjukkan bahan makanan dan produk makanan. Khususnya dari Indonesia akan menampilkan produk unggulan makin pada pameran ini.

"Di pemeran ini menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 9 sampai10 persen dalam jumlah peserta. Ini merupakan pilihan yang tepat bagi perdagangan dan pengunjung di bidang bisnis makanan dan minuman yang ingin mencari dan menemukan inovasi baru dalam industri makanan dan minuman," ujarnya saat temu media di Kementerian Perindustrian di Jakarta, (11/11).

Lebih jauh, Daud menjelaskan, dalam pameran yang akan digelar selama empat hari ini yang dimulai pada hari Rabu (13/11), hingga Sabtu (16/11), menjadi salah satu peluang usaha bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.

"Dalam pameran selama empat hari ini selain peluang usaha di bidang kuliner, produk UKM juga ditampilkan tentunya produk yang mampu menerima pesanan untuk pasar lokal dan interlokal. Dalam gelaran ini juga akan ada acara temu bisnis dimana ada pertemuan antara supplier dengan pembeli baik dalam negeri maupun dari luar negeri," imbuhnya.

Menyambut keterangan Penyelenggara, Direrktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rochim mengatakan, pameran ini merupakan salah satu terobosan yang tepat mengenalkan produk-produk makanan dan minuman baik dalam maupun luar negeri ke masyarakat. Investasi di industri makanan dan minuman meningkat sangat signifikan, tentunya memerlukan pemasaran baik dalam negeri maupun luar negeri.

Industri makanan dan minuman sangat strategis terhadap industri non migas. Pada tahun 2015 mencapai 30,85 persen, dimana setiap tahun sharenya meningkat. Rata-rata pertumbuhannya di atas non migas. Karena ini cukup besar sharenya perlu terus didorong, " ujarnya.

“Ini adalah pameran internasional yang akan mendatangkan buyer potensial. Sehingga kita bisa mempromosikan industri makanan dan minuman nasional ke dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

Rochim menyampaikan, industri makanan dan minuman menjadi salah satu industri unggulan dalam mendongkrak pertumbuhan industri, maupun pertumbuhan ekonomi.

Kontribusi industri ini mencapai 36,49 persen terhadap pertumbuhan industri nonmigas hingga triwulan III/2019, di mana angkanya lebih tinggi dari periode yang sama di tahun sebelumnya yang angkanya 35,36 persen.

Untuk itu, Kemenperin mendorong peningkatan industri makanan dan minuman, salah satunya dengan mendukung penyelenggaraan pameran di dalam maupun luar negeri.

"Dengan demikian, diharapkan ekspor industri makanan dan minuman dapat terus meningkat melalui promosi pada pameran-pameran yang diikuti,” harapnya.

Rencananya pameran ini diikuti lebih dari 880 perusahaan nasional maupun internasional serta dihadiri oleh 82.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri. Selain itu, pameran makanan dan minuman ini akan menampilkan 28 sektor, antara lain produk susu dan telur, keju, daging, ikan dan produk hasil laut, buah dan sayuran, kopi, minuman-minuman, peralatan masakan dan masih banyak lainnya.

Pameran Sail Food juga nantinya akan menghadirkan program-program menarik lainnya seperti: Sial Innovations, La Cuisine Competition (penampilan para chef) dan beberapa kompetisi dan perlombaan di bidang makanan dan minuman.

Penulis:

Baca Juga