Siap-siap! Robot Trading dan Aset Kripto Bakal Diatur UU

AKURATNEWS - Penataan regulasi terkait robot trading dan aset kripto di Indonesia dalam rangka memberikan kepastian hukum, kontribusi kepada pendapatan negara, serta melindungi masyarakat segera dilakukan lewat Undang-undang (UU).

Hal ini terungkap dalam seminar yang diselenggarakan Satgas Waspada Investasi (SWI) dan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), Selasa (22/2) yang dihadiri pelaku bisnis trading, anggota SWI, anggota DPR dan wakil dari Bareskrim Polri.

Hadir Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing , Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti Aldison SH, anggota DPR Komisi XI M Misbakhun dan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang memberikan keynote speech seminar.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan, banyaknya penawaran investasi ilegal menyebabkan masyarakat yang belum sepenuhnya memahami proses bisnis ini berada pada posisi rentan terhadap berbagai modus penipuan. Untuk itu perlu dipersiapkan infrastruktur pengaturan dan pengawasan serta literasi finansial yang memadai. .

"Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban. Misalnya, pada Januari kemarin terungkap kasus investasi ilegal suntik modal alat kesehatan yang menyebabkan ratusan orang menjadi korban dengan total kerugian mencapai lebih dari Rp 1,2 triliun. Contoh lain kasus dugaan penipuan berkedok perdagangan opsi biner Binomo yang oleh Polri diklasifikasikan sebagai aplikasi judi online, dimana dari 8 korban pelapor saja, total kerugian tercatat mencapai Rp 3,8 miliar. Ini baru data dari dua kasus, dan hanya dikalkulasikan dari korban yang sudah melaporkan. Diperkirakan masih ada banyak kasus lainnya dan masih ada banyak korban yang belum melaporkan," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Ia menambahkan, dengan maraknya kasus penipuan berkedok investasi, maka selain upaya pencegahan melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, juga diperlukan tindakan pembinaan. Termasuk langkah-langkah represif agar dapat memberikan efek jera pada pelaku.

"Merujuk pengalaman sebelumnya, ada fakta bahwa tindak penipuan berkedok investasi bukan baru-baru ini saja terjadi. Sepanjang periode 2011 hingga 2021, diperkirakan jumlah kerugian akibat investasi bodong mencapai Rp117,4 triliun. Ini adalah catatan angka yang sangat fantastis. Mengisyaratkan bahwa harus ada langkah-langkah pembenahan yang konkrit dan efisien, termasuk membuat undang-undang khusus ekonomi digital, untuk mencegah agar tidak semakin banyak masyarakat yang menjadi korban," ujar Bamsoet.

Dalam seminar ini juga dibahas sistem pembayaran dalam robot trading dan aset kripto, serta pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai bisnis dari industri robot trading dan aset kripto dan pemahaman mengenai modus-modus penipuan berkedok robot trading dan aset kripto.

Bappebti sendiri mengusulkan penyebutan robot trading yang saat ini berkonotasi negatif diganti dengan digital trading. Juga dibangun pemahaman serta edukasi menyeluruh mengenai robot trading dan aset kripto ke masyarakat, terutama investor dan pihak terkait.

Narasumber lainnya menambahkan, robot trading dan aset kripto jika dikelola dengan baik dapat menjadi potensi investasi yang sangat strategis bagi Indonesia. Karena itu harus diatur dengan baik sehingga iklim investasi di Indonesia menjadi semakin berkembang dan maju, tidak ketinggalan dengan negara lain, dan tentunya menguntungkan masyarakat dan negara.

Seminar ini sendiri diharapkan memicu industri investasi terbarukan, khususnya aset kripto dan industri robot trading dapat segera teregulasi dengan baik serta dipahami dengan sebenar-benarnya oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari investor, pelaku trading, serta pihak regulator.

Masyarakat juga diharapkan mengetahui, tidak semua investasi aset kripto dan robot trading adalah penipuan, ponzi, maupun money game karena ada juga investasi yang baik dan benar.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga