Siap Tayang, ‘Pesantren’ Yakin Temukan Penonton Dengan Caranya Sendiri

AKURATNEWS - Tak lama lagi, film 'Pesantren' akan segera tayang di layar bioskop tanah air. Film yang bercerita kondisi pesantren dan segala kehidupan di balik layarnya ini sempat beberapa kali tertunda jadwal tayangnya.

Hal ini membuat sineas Lola Amaria yang dalam film ini bertindak sebagai distributor kecewa. Tak hanya karena mundur beberapa kali dari jadwal yang pernah dirilis, namun juga lantaran hanya mendapatkan bilangan layar yang sangat terbatas di bioskop.

"Hanya 30 layar, 10 di Jabodetabek, sisanya dibagi di seluruh Indonesia," beber Lola saat premiere resmi film 'Pesantren', Jumat (22/7) jelang rilis perdana film ini pada 4 Agustus 2022.

Lola yang didampingi sutradara film ini, Shalahuddin Siregar menceritakan, seharusnya film 'Pesantren' beredar sejak 2020 lalu. Tapi karena sergapan pandemi, terpaksa harus mundur jadwal. Hal ini ditambah lagi dengan beberapa kali kendala teknis lainnya.

Meski hanya 30 layar, baik Lola dan Shalahuddin tetap punya harapan jika film ini bisa menemukan penonton dengan caranya sendiri.

"Ya mungkin karena ini film dokumenter ya, jadi dapat sedikit layar. Tapi nggak apa apa, Bismillah aja kita," ujar Lola Amaria.

Lola hanya menekankan, akan banyak keindahan yang diceritaka dan tentu saja juga sarat hal-hal positif yang dibawa di film ini.

"Semoga banyak pencerahan yang bisa dilihat di film ini," ucap Lola.

Shalahuddin menambahkan, film yang didanai lima negara ini memulai riset selama dua tahun yakni sejak 2015 hingga 2016 dengan masa syuting selama 90 hari di sebuah pesantren di Cirebon yang sukses dipimpin oleh seorang perempuan.

"Kita syuting disni karena mereka membuka diri, dan memberikan kami all access. Sementara pesantren lain, terlalu banyak batasan," bebernya.

Sebelumnya, film 'Pesantren' juga sempat tur di 10 pesantren di Jawa selama Ramadhan lalu. Ribuan santri pun sudah menyaksikan film yang sukses diputar pertama kali di International Documentary Film Festival (IDFA) di Amsterdam pada November 2019 lalu.

Di ajang IDFA, festival film dokumenter terbesar dan bergengsi ini, film ini disambut antusias penonton yyang terbukti dengan tak tersisanya penjualan tiket di dua pemutaran pertama.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga