Sidang Kosmetik Ilegal, Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Jong Lie Tersenyum

Jong Lie dalam persidangan. (foto: Morris Mangke/Akuratnews.com)

Surabaya, Akuratnews.com - Meski duduk di kursi pesakitan, Jong Lie, terduga pengusaha kosmetik ilegal, tersenyum lega pasca mendengarkan tuntutan ringan terhadap dirinya di pengadilan.

Jaksa penuntut umum (JPU) Sri Rahayu dari Kejati Jatim, menuntut terdakwa dengan pidana selama 1 tahun 6 bulan dan denda sebesar Rp 50 juta.

"Terdakwa terbukti melanggar pasal 197 jo pasal 106 ayat (1) Undang-Undang RI No. 36 Tahun 2009 dan menuntut terdakwa dengan pidana selama 1 tahun 6 bulan dengan denda Rp 50 juta subsieder 6 bulan penjara," kata JPU Sri Rahayu dalam membacakan tuntutan di persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, pada Selasa (12/11/2019).

Usai mendengar tuntutan tersebut, terdakwa yang tidak didampingi kuasa hukum mengaku mengerti dan langsung meninggalkan ruang.

Sebelumnya, petugas BPOM bersama Polda Jatim, Rabu (23/10/2018) yang melakukan pengecekan di Toko Jaya Mandiri di PGS Lt 1 Blok D-7 no 6-7, mendapati kosmetik Ilegal. Selain di toko tersebut, petugas juga melakukan penggeledahan di Blok D-8 05 dan 06 yang dijadikan gudang penyimpanan.

Ditempat tersebut juga banyak ditemukan kosmetik yang tidak memiliki izin edar (ilegal) yang kemudian diamankan  ke Mapolda Jatim sebagai barang bukti. (*)

Baca Juga