Sidoarjo Sukses Selenggarakan PPDB Tanpa Gejolak

H. Asrofi (kanan) saat mengunjungi perpustakaan SMP swasta di Sidoarjo. (foto: istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sidoarjo terbilang satu - satunya kabupaten di Jawa Timur yang menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020 dengan sistim zonasi, tanpa diwarnai gejolak, alias kondusif.

Pernyataan itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo, H. Asrofi pada Akuratnews.com, Jumat (12/7/2019).

"Pelaksanaan PPDB sistim zonasi di Sidoarjo tahun ini berlangsung kondusif dan sejumlah pihak mengakui paling baik, dibanding daerah lain di Jawa Timur. Termasuk salah satunya, pihak Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Karena itu, saya sempat diundang Unesa berbicara soal PPDB di Sidoarjo, "katanya.

Memang, sambung Asrofi, penyelenggaraan PPDB harus berpijak pada Permendikbud nomor 14/2018. Namun, implementasinya tidak boleh kaku, menyesuaikan kondisi geografis, psikologis dan historis.

"Sebagai payung hukum untuk mewujudkan hal tersebut, selain mengacu Permendikbud itu, juga dibuat aturan pendukung, yakni Peraturan Bupati (Perbup) nomor 26/2019. Sehingga, PPDB di Sidoarjo pun terlaksana, tanpa ada masalah yang krusial, "jelasnya.

Terpenting, lanjutnya, PPDB digelar terbuka, transparan, tidak diskriminatif, akuntabel dan berkeadilan, serta dijalankan secara profesional dan proporsional.

"Bahkan, selaku kepala dinas, saya berupaya menjaga diri, tidak mau menerima pemberian apapun berkaitan dengan PPDB itu. Jadi, tidak ada saya terima uang sepeserpun, "tandas mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) ini.**

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga