Sigapnya Petugas Pertamanan dan PJU Sidoarjo

Para petugas DLHK saat memotong pohon Bintaro yang roboh di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sidoarjo. (Foto Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Kesigapan petugas bidang pertamanan dan PJU Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo patut diacungi jempol.

Betapa tidak, ketika mendapatkan informasi dari masyarakat yang menjumpai pohon yang roboh tanpa diketahui penyebabnya di trotoar Jalan Jaksa Agung Suprapto, barat Alun-alun Kota Sidoarjo, sehingga mengganggu pejalan kaki, dalam hitungan menit, pohon itu pun dikepras pihak petugas DLHK. Peristiwa ini terjadi pada Selasa siang (6/8/2019).

Pantauan Akuratnews.com, usai digergaji mesin, dahan pohon ditebang, lalu diangkut pihak petugas dengan menggunakan mobil minitruk milik DLHK dan selanjutnya, dilakukan pembersihan.

Padahal, sewaktu kejadian, Kepala Bidang Pertamanan dan PJU DLHK Sidoarjo, H. Moch. Rochjadi sedang mengikuti pertemuan dengan Inspektorat setempat.

"Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki yang melewati trotoar tersebut, agar tak merasa terhalangi, sebelum terlambat, ya saya langsung kontak anak buah saya untuk menuju lokasi untuk  mengepras pohon roboh tersebut," ujarnya pada Akuratnews.com.

Ketika disinggung nama pohon dan penyebab robohnya tersebut, Rochjadi mengungkapkan, pohon itu namanya Bintaro.

"Nah, robohnya pohon Bintaro itu disebabkan, setahun lalu ada pembenahan gorong-gorong di bawah trotoar ini, kebetulan pohon ini sudah ada di samping gorong-gorong, dibiarkan dan tidak ditebang, begitu tumbuh membesar, seringkali kena hempasan angin, ya lama-kelamaan akarnya pun tak kuat," jelasnya.**

Penulis:

Baca Juga