Sinergi Dengan Masyarakat, UPP II Raha Gelar Padat Karya

MUNA, AKURATNEWS.COM '- Unit Pelayanan Pelabuhan Kelas II (UPP II) Raha, menyelenggarakan kegiatan padat karya diarea pelabuhan Nusantara Raha, dengan melibatkan masyarakat sekitar. Program Padat Karya ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia tentang pemulihan ekonomi nasional, Senin (22/3/2021).

Kepala UPP II Raha, Abdul Rahman, SE, menyampaikan bahwa kegiatan padat karya ini melibatkan masyarakat, terutama masyarakat pelaku jasa di sekitar Pelabuhan Raha.

"Selain sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan ini juga merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah khususnya UPP II Raha dengan masyarakat terdampak pandemi covid 19," kata Rahman

Rahman mengatakan, manfaat program padat karya ini diharapkan benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga target pemulihan ekonomi dampak covid19 bisa terlaksana dengan baik.

Dia menjelaskan, masyarakat yang terlibat dalam program Padat Karya berjumlah enam puluh orang dan masng-masing mendapat upah sebesar 250 ribu rupiah.

"Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan adalah membersihkan lingkungan kantor dan pelabuhan serta pengecatan marka jalan area pelabuhan," katanya.

Rahman berharap, kerja sama antara UPT II Raha dengan masyarakat sekitar  dapat semakin menumbuhkan kesadaran warga tentang pentingnya lingkungan yang bersih, sehat, aman, dan nyaman serta dapat memberikan manfaat ekonomi.

Hal ini juga disambut baik oleh Niki, salah seorang warga yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan seperti ini sangat membantu kami, selain menjalin keakraban dengan pegawai UPP juga mendapatkan penghasilan tambahan," ujar Niki.

Niki berharap, kegiatan seperti ini terus digalakkan, bukan saja oleh UPP tetapi juga oleh instansi lain.

Medio enam bulan mengemban kepala UPP II Raha, wajah pelabuhan Raha sudah kelihatan berubah, terkesan lebih rapi dan tertib. Hal ini merupakan upaya Rahman yang selalu mengingatkan segenap bawahannya untuk senantiasa  memberikan pelayanan terbaik serta edukasi kepada pengguna jasa pelabuhan sesuai dengan tugas fungsi UPP, menyelenggarakan, mengendalikan serta  mengawasi pelabuhan itu sendiri.

Sebelum menjabat di UPP II Raha, dia juga pernah menjabat di Makassar, baubau, Kendar dan toli-toli.

Dirinya menghimbau kepada segenap elemen masyarakat untuk mendukung UPP II Raha dalam menjalankan tugas membenahi tata kelola pelabuhan sesuai harapan pemerintah.

Dia juga mengapresiasi segenap masyarakat, TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna yang senantiasa bersinergi dengan UPP II Raha serta dengan tangan terbuka menerima kritik dan saran yang membangun untuk kebaikan bersama.

"Kami membuka keran sebesar-besarnya bagi segenap masyarakat untuk memberikan kritik dan saran yang membangun terkait pelayanan yang berlaku dilingkup UPP II Raha" pungkas Rahman.

Penulis:

Baca Juga