Capai Kondisi Bersih dan Nyaman

Sinjai Diganjar Penghargaan Kabupaten Sehat 2021

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar Mukmin, M.Si beserta jajarannya mengikuti penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) atau Swasti Saba tahun 2021. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Daerah dengan sebutan Bumi Panritta Kitta ini meraih penghargaan tingkat nasional yaitu penghargaan Swasti Saba kategori Wistara tahun 2021.

Penghargaan ini diterima Kabupaten Sinjai yang kedua kalinya, setelah dinyatakan sebagai salah satu Kabupaten Sehat di Indonesia di tahun 2019 lalu dengan kategori yang sama yakni Swasti Saba Wistara.

Raihan penghargaan ini diumumkan Pemerintah Pusat pada penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) atau Swasti Saba tahun 2021 secara virtual yang digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (17/11/2021)

Jajaran pemerintah Kabupaten Sinjai dipimpin Sekretaris Daerah Sinjai Akbar Mukmin, yang juga Tim Pembina Forum Kabupaten Sehat (FKS) Sinjai bersama pengurus FKS Sinjai mengikuti kegiatan ini di ruang rapat Sekda Kantor Bupati Sinjai.

Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Kartini Rustandi mengatakan, penganugerahan tersebut sebagai wujud apresiasi Pemerintah Pusat atas tercapainya kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat atas terlaksananya program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Dikatakan, penganugerahan dilakukan setiap dua tahun sekali. Khusus tahun 2021, Pemerintah Pusat telah memverifikasi 155 dokumen kabupaten/kota di 23 provinsi di Indonesia.

Hasilnya diperoleh berbagai data sekaitan pelaksanaan KKS, diantaranya 3 Provinsi terbaik sebagai pembina KKS, 25 KKS untuk penghargaan Swasti Saba Kategori Wistara, 4 kabupaten penghargaan Swasti Saba Kategori Wiwerda, dan 7 KKS peraih penghargaan Swasti Saba Padapa.

Terpisah, Sekda Akbar Mukmin usai mengikuti penganugerahan KKS mengemukakan, pencapaian penghargaan Swasti Saba Wistara kategori tertinggi dalam penilaian penyelenggaraan KKS yang dilakukan oleh Kemenkes dan Kemendagri. Kedua kalinya ini adalah hal yang sangat luar biasa bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sinjai.

Olehnya itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang selama ini berperan membantu pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Sinjai menjadi daerah yang aman, nyaman, bersih, dan sehat untuk dihuni.

“Alhamdulillah ini semua tidak lepas dari peranserta seluruh pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, media, LSM serta FKS Sinjai atas kolaborasi yang baik, sehingga Kabupaten Sinjai kembali diakui Pemerintah Pusat sebagai salah satu Kabupaten Sehat di Indonesia melalui penghargaan Swasti Saba Kategori Wisatara kedua kalinya,” pungkasnya.

Penganugerahan penghargaan Swasti Saba KKS tahun ini juga dirangkaikan dengan penganugerahan penghargaan penerapan protokol kesehatan bagi tempat pengelolaan pangan tahun 2021 yang berlangsung di Hotel JS Nuansa Jakarta Pusat.

Sebelumnya, tim verifikasi lapangan KKS tahun 2021 melakukan penilaian di Kabupaten Sinjai pada 7-8 Oktober 2021 lalu di 6 lokus atau tatanan, termasuk Sekretariat FKS Sinjai serta di Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Kantor Camat Sinjai Utara. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga