Situasi Kota Bogor Aman Terkendali Jelang Kedatangan PM Jepang

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

Bogor, Akuratnews.com - Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana, Kolonel Inf Mirza Agus menyatakan situasi di Kota Bogor, Jawa Barat menjelang kedatangan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe dari Jepang, dalam keadaan aman dan terkendali.

"Hingga pagi ini situasi aman terkendali dan kondusif, sehingga Kota Bogor siap menyambut kedatangan PM Abe," kata Mirza, Minggu (15/01/17).

Mirza menyebutkan menyambut kedatangan PM Abe dilakukan pengamanan sesuai prosedur tetap tamu VVIP yakni para tamu kenegaraan sama seperti pengamanan Presiden dan Ibu Negara yang diberlakukan di Kota Bogor.

"Karena ini tamu kenegaraan, maka pengamanan dilakukan sesuai protokoler istana, dan dilakukan oleh protokoler istana, kementerian luar negeri sebagai leading sektornya," kata Mirza.

Ia mengatakan akan ada upacara penyambutan bagi PM Abe yang akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, yakni upacara penyambutan selamat datang oleh pasukan berkuda, dan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara.

"Pada saat menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, akan ada dentuman meriam sebanyak 19 kali dipusatkan di Kantor Bakorwil depan Istana Bogor," katanya.

Untuk pengamanan, lanjutnya dilakukan secara berlapis, di kawasan Istana pengamanan sesuai protab oleh Pasukan khusus pengaman presiden, lalu di ring dua dilakukan oleh Jajaran Kodam III/Siliwangi, Polda Jawa Barat, diperkuat oleh Korem 061/Suryakancan dan Polresta Bogor Kota.

"Pengamanan dilakukan sesuai SOP yang sudah ditetapkan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan kedatangan PM Abe ke Indonesia dan bertemu presiden di Istana Bogor membawa manfaat besar bagi Kota Bogor.

"Yang jelas ini promosi gratis Kota Bogor untuk mendunia," katanya.

Ia menyebutkan beberapa persiapan telah dilakukan untuk menyambut kedatangan PM Abe ke Istana Bogor di antaranya, menyiapkan sejumlah pelajar untuk penyambutan.

"Kita kerahkan sejumlah pelajar yang akan menyambut kedatangan PM Abe dimulai dari Tugu Kujang sampai ke Istana Bogor," katanya.

Selain itu, akan dipasang sejumlah spanduk ucapan selamat datang untuk PM Abe beserta Istri di sejumlah titik. Salah satunya yang sudah tampak terpasang di Bundaran Mal BTM Jl Juanda.

"Dan sore hari akan ada dentuman meriam sebanyak 19 kali yang akan mengiringi upacara penyambutan PM Abe di Istana Bogor," kata Bima.

Sementara itu, PM Jepang Shinzo Abe dijadwalkan melakukan kunjungan kerja pertamanya pada 2017 ke Indonesia. Pertemuan bilateral kedua negara akan dilangsungkan di Istana Bogor, Minggu.

Rencananya, akan digelar upacara penyambutan resmi tamu kenegaraan di Istana Bogor, ditandai dengan parade pasukan berkuda dan dentuman suara meriam sebanyak 19 kali yang akan mengiringi jalannya upacara penyambutan sore harinya.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan berkunjung ke Indonesia pada 15-16 Januari 2017. Dalam kunjunganya akan menjadikan isu ekonomi sebagai fokus utama pembahasan kerja sama bilateral kedua negara.

Kunjungan PM Abe yang pertama pada 2017 menunjukkan komitmen tinggi kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral, khususnya bidang ekonomi.

PM Abe akan membawa delegasi bisnis yang terdiri dari sekitar 30 CEO dan pimpinan bisnis yang bergerak di bidang, seperti perbankan, manufaktur, industri baja dan transportasi. (Toro)

Penulis:

Baca Juga