Syukuran HUT Ke 23 PTPN IV

Siwi Peni Harapkan PTPN IV Menjadi Nomor 1 Di Indonesia Bahkan Dunia

Pabatu, Akuratnews.com - Dalam rangka syukuran HUT Ke 23, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV menggelar acara Bakti Sosial yang dipusatkan di lapangan golf kebun Pabatu, Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (31/3/2019).

Hadir dalam acara tersebut Komisaris Utama  PTPN IV, I Ketut Diarmita beserta Ibu, Komisaris Anggota, Pos M. Hutabarat beserta Ibu, Komisaris Independen, Osmar Tanjung beserta Ibu, Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni, Direktur Komersil Umar Affandi, Direktur Operasional, Rediman Silalahi, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Rizal H. Damanik, Ketua Umum SP-Bun PTPN IV, Wispramono Budiman, Ikatan Keluarga Besar Isteri PTPN IV, para Kepala Bagian, Project Manajer, General Manajer Distrik, Manajer Kebun dan Manajer Pabrik, Karyawan Pimpinan dan Karyawan Pelaksana dari Kandir, Kebun dan Pabrik se PTPN IV serta undangan lainnya.

Bakti sosial yang digelar antara lain donor darah oleh karyawan pimpinan dan karyawan pelaksana se PTPN IV, pemberian santunan kepada berkisar 2300 anak yatim yang berasal dari sekitar perusahaan yaitu Kedai Damar Pabatu, Afdeling 1 – 7 Pabatu, Desa Naga Kesiangan, Desa Basumbuh Kampung Beteng, Keluaran Pabatu Kota Bayu, Kelurahan Lubuk Baru Batu Empat, Kelurahan Padang Merbau Pasar Tengah, Kota Tebing Tinggi sekitar.

Ada juga pemberian apresiasi kepada 45 anak anak karyawan berprestasi yang masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPT) tahun 2019.

Selain itu diserahkan pemberian berkisar 250 paket sembako secara simbolis diterima oleh 10 orangtua lanjut usia berumur 69 – 78 tahun yang berasal dari Desa Bah Sumbu,  Desa Kedai Damar, Kelurahan Mandailing, dan Desa Naga Kesiangan.

Penyerahan santunan kepada anak yatim, pemberian sembako serta bantuan apresiasi kepada anak anak karyawan berprestasi diserahkan langsung oleh para Komisaris, Direksi dan para pimpinan PTPN IV.

Dalam sambutannya Direktur PTPN IV Siwi Peni menekankan bahwa tugas kita saat ini adalah mempertahankan PTPN IV hingga pada generasi penerus yang kita tidak tau umurnya. Karena keberadaan PTPN 4 diantaranya adalah menciptakan lapangan kerja, bermanfaat kepada lingkungan masyarakat dan menaikkan perekonomian masyarakat disekitar. Disamping mensejahterakan karyawan, kita juga menjaga perusahaan ini peduli pada lingkungan.

"Kami berpesan kepada bapak ibu sekalian bahwa pada saat kita mengelola perkebunan yang harus kita patuhi adalah aturan aturan jangan sampai pabrik atau limbah kita mengotori lingkungan. Karena itu adalah tugas kita untuk menjaga lingkungan" sebut Siwi.

Terkait kepedulian kepada lingkungan masyarakat disebutkan bahwa kepedulian PTPN 4 selama ini telah memberikan PKBL dan CRS yang diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.

"Untuk menjaga itu semua maka perusahaan haruslah laba. Untuk mendapatkan laba berarti kinerja kita harus bagus dengan mengelola perusahaan sesuai tata kelola perusahaan yang baik" ungkapnya.

Perusahaan dituntut untuk tidak sekedar efisien, efektif dan kreatif, melainkan harus mampu bersaing menjadi flourish, karena karyawan harus merasa nyaman dan bisa berkembang.

Diyakininya PTPN IV masih menyimpan potensi yang sangat besar dan luar biasa, sebab sejak tahun 2017 produktivitas TBS meningkat dari semula rata-rata 19,21 ton TBS per ha sejak 2013 lalu, meningkat menjadi di atas 20,37 ton TBS per ha tahun 2017 dan 20,90 ton TBS per ha pada tahun 2018.

Produktivitas sampai dengan Maret 2019 merupakan capaian minyak per ha tertinggi terhadap capaian empat tahun terakhir atau naik 20,8 % dari rata-rata capaian minyak per ha.

“Saya merasa gembira bahwa capaian minyak sawit Maret 2019 telah tumbuh rata-rata 10,08 % dibanding tahun lalu”ucap Siwi.

Capaian kinerja ini, kata Siwi, menunjukkan keberhasilan pelaksanaan program kerja 2018, dengan prioritas mendukung aspek produksi untuk peningkatan produktivitas perusahaan, seperti pencegahan pencurian produksi TBS, perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan pabrik, perbaikan tanaman termasuk perbaikan kultur teknis tanaman, perbaikan pola Panen, Angkut dan Olah dengan penyediaan 159 unit truck.

Dalam program kerja 2019 selain melanjutkan program kerja 2018 juga akan dibangun dan diperbaiki rumah karyawan dengan prioritas rumah non permanen dan semi permanen.
Pembangunan 540 rumah dinas karyawan tersebut telah dilakukan peletakan batu pertama ( groundbreakingnya) di kebun Adolina Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kita harapkan kebahagiaan kepada lingkungan dan karyawan akan memberikan aura positif dalam mempercepat harapan kita untuk segera terwujud ” ucap Siwi.

Selain itu, Dirut Siwi Peni juga menyebutkan bahwa beberapa hari lalu, PTPN IV menerima Penghargaan Indonesia Green Award Tahun 2019 dari The La Tofi School of CSR di Jakarta dan penghargaan ‘Positive Organization Award Tahun 2019' dari majalah SWA yang bekerjasama dengan Asosiasi Psikologi Positip Indonesia.

Diakhir sambutannya Dirut Siwi Peni menyampaikan terimakasih atas prestasi yang telah diraih PTPN IV.

"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan karyawan yang mendukung kinerja PTPN 4, kepada Dewan Komisaris, para stakeholder dan mitra usaha karena kinerja PTPN 4 selama dua tahun terakhir ini tumbuh positif. Kita berharap PTPN 4 menjadi nomor satu se Indonesia bahkan dunia" ungkap Siwi.

Atas penerimaan penghargaan Indonesia Green Award 2019, pada  kesempatan tersebut PTPN IV memberikan apresiasi kepada Bagian Perencanaan Strategis, Khayamuddin Panjaitan dan 6 kebun lainnya. Sedangkan atas penghargaan Positive Organization Award 2019 perusahaan memberikan apresiasinya kepada Bagian Sumber Daya Manusia, Budi Susanto.

Dalam upaya memberikan motivasi motivasi kinerja dan pancapaian target tahun 2018 Kebun dan PKS, telah dilakukan penilaian terhadap kinerja masing-masing Kebun dan PKS. Kinerja Kebun Terbaik 2018 dengan melihat protas terhadap potensi, RKAP dan protas terhadap tahun 2017 serta rendemen Minyak Sawit, Inti Sawit, Kontribusi Minyak Sawit, CPO/ hektar, Harga Pokok Produksi Exclude Pembibitan.

Atas kinerja tahun 2018 PTPN IV memberikan apresiasinya kepada Kebun terbaik masing masing 1. Kebun Air Batu, Darma Moga S. Purba/ Ahmad Syafruddin Manurung, 2. Kebun Sosa, Misran, 3. Kebun Pulu Raja, Mazriefnal Muaz.

Sementara Kinerja PKS Terbaik 2018 dengan melihat rendemen minyak, inti, mutu produksi CPO, inti, Kapasitas olah per jam, realisasi cangkang disisihkan, utilitas dan stagnasi pabrik, kehilangan minyak dan inti terhadap TBS dan harga pokok, apresiasi diberikan kepada masing masing 1.PKS Pabatu, Fitra Rinaldi, 2. PKS Gunung Bayu, Adhri Basari D, 3. PKS Adolina, Noveri Idris Butar-Butar.

Acara syukuran tersebut juga diisi dengan pelepasan balon ke udara serta pemotongan nasi tumpeng oleh Komisaris Utama PTPN IV, I Ketut Diarmita dan Dirut PTPN IV Siwi Peni, lucky draw batu goyang dan hiburan oleh Three Omega PTPN IV.

Baca Juga