Soal Fungsi BPIP, Bambang Haryo: “Itu kan Tugasnya Guru SD”

Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo S

Jakarta, Akuratnews.com - Politisi Gerindra, Bambang S. Haryo menganggap, tugas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sama dengan tugas guru di sekolah-sekolah.

"Lha Pancasila itu kan sudah disosialisasikan oleh guru-guru SD, guru-guru SMP, guru-guru SMA. Itu kan sudah ada yang melakukan itu semua. Iya toh?" kata Bambang melalui sambungan telepon pada Jumat (1/06/2018).

Menilik lebih dalam, Bambang menjelaskan, Kementerian-Kementerian di kabinet lah yang memiliki tanggung jawab soal sosialisasi dan pembinaan ideologi Pancasila. Hal ini, terkait dengan revolusi mental yang digaungkan pemerintahan Jokowi.

"Kementerian itu, termasuk Puan Maharani dan lain-lain, gitu. Mana itu revolusi mental dan sebagainya? Itu bagian kecil dari revolusi mental yang harus diinformasikan ke publik supaya publik ini punya satu karakter," kata Bambang.

Bambang mengaku miris, di tengah riuh fungsi dan gaji BPIP saat ini, para guru sebagai pemantek ideologi Pancasila di sekolah-sekolah seolah terlupakan kesejahteraannya. "Mereka gajinya masih gaji honorer, sekitar paling 400-500 ribu sebulan," kata Bambang. (MDz)

Penulis:

Baca Juga