Soal Kepuasan Kinerja Jokowi, Pengamat: Paling Tinggi Ada pada Infrastruktur

Pengamat politik Pangi Syarwi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com
Pengamat politik Pangi Syarwi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Pengamat politik Pangi Syarwi mengatakan, tingkat kepuasan atas kinerja petahana Joko Widodo selama empat tahun masa pemerintahannya paling tinggi terletak pada infrastuktur.

"Yang paling tinggi itu adalah infrastruktur, yang kedua adalah soal beliau dalam ekonomi-ekonomi mikro," ujar Pangi kepada wartawan usai diskusi '4 Tahun Jokowi, Catatan Sukses dan Pekerjaan Tersisa' di Tjikini Lima Restaurant, Cikini, Menteng, Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Diketahui, Jokowi telah berhasil meningkatkan infrastruktur dibeberapa kategori. Misalnya transportasi dengan membangun beberapa jalan tol baru. Begitu juga dengan kategori sumber daya air, dimana beberapa bendungan berhasil diselesaikan oleh Jokowi.

Selain itu kata Pangi, karakter Jokowi yang mampu mensukseskan perhelatan olahraga Asian Games 2018, lalu disusul dengan Asian Para Games 2018, pertemuan IMF-World Bank di Bali kemudian acara-acara besar lainnya memberikan tren yang positif terhadap Jokowi.

Kendati begitu, Pangi yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Voxpol Center itu menuturkan, ada beberapa hal yang dinilai masih kurang dari pemerintahan Jokowi.

"Cuma memang di bawah sedikit soal penegakan hukum ya. Misalnya soal penyelesaian kasus Novel Baswedan," pungkas dia.

Namun secara keseluruhan kata Pangi, keberhasilan Jokowi lebih banyak memberikan sentimen yang positif terhadap calon presiden nomor urut 01 tersebut.

"Misalnya mengadukan aktor-aktor, pelaku korupsi hari ini diadukan, juga cyber pungli juga bagus sebetulnya. Kemudian beliau yang merakyat, tidak berjarak dengan rakyatnya, itu juga sangat bagus. Dia (Jokowi) langsung menabrak seremonial-seremonial itu, mampu menemui masyarakat, langsung turun ke bawah, itu juga sangat bagus," imbuhnya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga