Soal Kerajaan Ciamis dan Galuh, Emil Minta Babe Saidi Diam

Sumedang, Akuratnews.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara soal pernyataan budayawan Ridwan Saidi terkait pernyataannya tak ada kerajaan di Ciamis dan Galuh yang berarti brutal.

"Kalau tidak punya dasar, jangan sembarangan bikin statement. Kalau pun ada dasar, tidak usah menyakiti hati. Menurut syariat juga kan bicaralah yang baik, kalau tidak, diam," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil kepada wartawan di Kampung Buricak Burinong, Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/2).

Menurutnya, pernyataan Ridwan Saidi yang telah melukai hati masyarakat Tatar Galuh, Ciamis. Ini harus menjadi contoh agar orang tidak bicara sembarangan tanpa didasari fakta.

"Apa yang tidak perlu disampaikan, jangan disampaikan. Apalagi tidak berfakta sehingga menimbulkan keresahan," tutur Emil.

Emil berharap, budayawan yang akrab disapa Babe Saidi ini datang ke Ciamis untuk mencari kebenaran dengan berdiskusi atau berdialog dengan para tokoh di Ciamis.

"Mudah-mudahan beliau bisa datang ke Ciamis. Berkomunikasi dan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Ciamis agar kondisi sosial budaya di sana bisa kondusif lagi," tegas Emil.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga