Soal Sengketa Tapal Batas dengan Bulukumba, Pemkab Sinjai Tunggu Keputusan Mendagri

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, SP., M.SP. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Tapal batas daerah antara Kabupaten Sinjai dengan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan masih bersengketa.

Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai masih menunggu keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah mengambil alih terkait kejelasan batas kedua wilayah tersebut.

Batas daerah yang bersengketa itu berada di Desa Tellulimpoe Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai dengan Desa Sapanang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.

"Tanggal 3 Juli, janji Kemendagri terkait kejelasan batas wilayah itu, tapi sampai hari ini belum ada juga keputusan kami terima," ungkap Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong (AKAR) saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/7/2021).

Menurut Kartini yang juga selaku Ketua Tim Tindaklanjut Tapal Batas Pemkab Sinjai berharap, keputusan atau pemberitahuan terkait penentuan batas dari pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dapat diterima untuk memperoleh kejelasan.

"Kita hanya ingin jelas batas wilayah daerah kami. Demikian juga pemerintah di Bulukumba," harapnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah memediasi antara Pemerintah Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba pada 17 Mei lalu di kantor Pemprov Sulsel.

Hanya saja mediasi itu gagal tercapai, sebab pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba tidak hadir dalam pertemuan itu, sehingga atas masalah ini Pemprov Sulsel menyerahkan ke Kemendagri untuk diputuskan batas wilayah kedua daerah yang bertetangga itu dengan mengacu kepada Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI).

Selain sengketa batas di Desa Tellulimpoe Sinjai dengan Desa Sapanang Bulukumba, batas di wilayah Kecamatan Sinjai Borong (Sinjai) dengan Kecamatan Kindang (Bulukumba) juga tidak ada kejelasan.

Namun setelah dibuka peta dan bukti pendukung administarasi wilayah, maka dalam pertemuan pihak Pemerintah Kabupaten Sinjai dengan Bulukumba memperjelas bahwa wilayah Kabupaten Sinjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Bulukumba di Sungai Balantieng.

Termasuk batas wilayah Kabupaten Sinjai dengan Kabupaten Gowa dengan Sinjai sudah jelas.


Camat Tellulimpoe memperlihatkan tugu batas wilayah yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

Secara terpisah, Kepala Sub Bagian Administrasi Kewilayahan Bagian Pemerintahan Setdakab Sinjai, Usman Balo menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba sudah membangun tugu batas wilayah di daerah Desa Tellulimpoe, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai.

Padahal jika dilihat dari Peta RBI kata Usman, itu sudah masuk wilayah Tellulimpoe Sinjai.

"Pemkab Bulukumba dan Sinjai tidak boleh membangun bangunan di daerah sengketa. Hal itu berdasarkan Permendagri No 141 Tahun 2017," ungkapnya.

Kabupaten Bulukumba saat ini juga sedang bersengketa tapal batas dengan Kabupaten Kepulauan Selayar yang terletak disalah satu pulau di wilayah Desa Bira, Kecamatan Bontobahari Bulukumba.

Penulis: Ashari

Baca Juga