Social License Jadi Hal Penting PT Bumi Suksesindo Jalankan Bisnis Tambang

Jakarta, Akuratnews.com - Modal melaksanakan usaha tambang tak melulu harus berdasarkan kapital dan canggihnya alat-alat. Modal dukungan masyarakat sekitar juga jadi faktor penting.

"Social license itu penting. Dari pemerintah dapat penghargaan, dari masyarakat dapat social license," ujar Boyke Abidin, Direktur PT Bumi Suksesindo (PT BSI) usai menerima penghargaan kategori perusahaan BUMN atau BUMS yang berhasil merebosiasi lahan kompensasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Selasa (23/4).

Penghargaan ini diterima Presiden Direktur PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri dari Direktur Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK Ida Bagus Putera Pratama bersama Sekjen LHK Bambang Hendroyono di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Reklamasi Hutan dan Rehabilitasi DAS KLHK di Auditorium Manggala Wana Bakti KLHK, Jakarta.

Dilanjutkan Boyke, upaya meraih social license ini dilakukan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gol Tbk ini lewat sejumlah program-program Community Development yang sesuai dengan adat setempat.

"Jadi bukan sekadar lagi CSR, tapi kita balik. Buat kami masyarakat di sana adalah saudara dan tetangga. Oleh sebab itu, kegiatan-kegiatan yang kita bangun dan jalankan disana kita benar-benar pikirkan agar program yang dijalankan akan berkelangsungan sampai kapan pun dengan memikirkan aspek kebutuhan dan kesesuaian adat istiadat masyarakat setempat," imbuh Boyke.

Ditambahkan Adi, penghargaan dari KLHK ini akan menjadi acuan, tolak ukur serta standar PT BSI untuk melakukan pelestarian lingkungan.

"Ini pencapaian yang membanggakan dari perusahaan yang baru berdiri pada 2015 dan mulai produksi di 2017 ini," ucap Adi.

Untuk diketahui, sejak pertama kali dibuka dan beroperasi sejak 2017 lalu, PT BSI yang berlokasi di Banyuwangi ini telah menjalankan program reklamasi dan rebosiasi di wilayah tambangnya seluas 34,9 hektare (data Per Maret 2019).

Perusahaan yang punya motto 'Ramah Menambang, Alam Seimbang, Rakyat Senang' ini juga telah memenuhi kewajiban jaminan reklamasi sebesar Rp58,6 miliar untuk periode 2015–2019.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga