Solusi Hunian Cerdas, Gunakan Perangkat Pintar Mendasar dan Wajib Ada Ini

AKURATNEWS - Istilah smarthome atau hunian cerdas belakangan ini mendapat banyak sorotan di Indonesia. Sederhananya, smarthome ini dapat diartikan sebagai rumah yang di dalamnya terdapat peralatan rumah tangga yang terintegrasi dengan teknologi.

Di Indonesia sendiri, permintaan akan smarthome kian meningkat berkat kemudahan yang ditawarkan serta harga perangkat yang cenderung kompetitif. Lantas kemudahan apa sajakah itu?

Mengulas balik istilah smarthome yang belum populer di Indonesia, karena masih kalah populer sebelumnya dengan yang namanya smartphone. Secara umum bisa dikatakan diantara kita masih merasa khawatir jika harus pergi keluar rumah seharian dikarenakan lupa mematikan lampu atau peralatan elektronik lainnya. Akibatnya, pengguna harus segera kembali ke rumah dan memastikan secara manual bahwa perangkat tersebut sudah benar-benar mati.

Di jaman yang semakin modern dituntut untuk serba digital, pengguna bisa mengendalikan peralatan di rumah secara mudah dan nyaman dengan bantuan perangkat pintar. Sebut saja lampu pintar, kamera pengaman, bel pintar, hingga peralatan rumah tangga seperti AC, mesin cuci, kulkas, kompor listrik, air purifier, dan masih banyak lagi.

Dalam mengaplikasikan perangkat canggih ke dalam rumah, pengguna bisa memulainya dari hal-hal yang paling sederhana yang diperlukan di dalam rumah. Misalnya, menggunakan lampu pintar yang hemat energi sebagai penerangan di rumah, atau membuat seluruh peralatan elektronik di rumah senantiasa terkontrol, terkoneksi dan terintegrasi. Lampu pintar (smart bulb) atau steker cerdas (smart plug) dapat menjadi solusi pilihan yang tepat merupakan perangkat elektronik yang mendasar diperlukan di dalam rumah.

Terlebih, menurut laporan Statista, sebanyak 19 persen masyarakat Indonesia telah memiliki perangkat smarthome dengan alasan untuk kemudahan, keselamatan dan kenyamanan. Laporan ini semakin menunjukan bahwa sejatinya banyak masyarakat di Indonesia yang saat ini sedang mencari kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat smarthome.

“Di era serba connected ini, kami sadar bahwa pengguna bisa memanfaatkan teknologi dengan mengaplikasikan produk smarthome dari yang paling basic yang wajib ada di dalam rumah. Pengaplikasian smart bulb dan smart plug akan menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna kami yang menginginkan kemudahan, keselamatan dan kenyamanan di dalam rumah. Melalui EZVIZ LB1 Smart Color dan White Bulb serta EZVIZ T30 Smart Plug kami harap pengguna dapat melakukan segala aktivitas dalam satu genggaman saat mereka ada di luar rumah atau ruangan yang berbeda. Dengan demikian mereka akan merasa nyaman berkat dukungan perangkat smarthome ini,” ujar Howard Yoeng , Country Manager EZVIZ Indonesia, baru-baru ini.

Howard menjelaskan, EZVIZ LB1 dan EZVIZ T30 dapat dioperasikan melalui aplikasi EZVIZ yang sudah terinstall di smartphone. Perangkat smarthome andalan dari EZVIZ ini dapat dikontrol menggunakan bantuan perintah suara seperti Google Assistant atau Amazon Alexa. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika merasa terlalu sibuk dapat dengan mudah memberikan perintah untuk menyalakan atau mematikan perangkat dimana saja dan kapan saja.

Bagi pengguna yang menginginkan pencahayaan lebih semarak dan nyata di dalam rumah, EZVIZ juga menyediakan EZVIZ LB1 Smart Color Bulb. Hadir dengan 16 juta warna, lampu pintar ini mampu menciptakan suasana yang tepat dan mendukung pengguna dalam menjalani rutinitas hariannya, misalnya bekerja, bersantai, hingga istirahat.

EZVIZ LB1 Smart Color Bulb dilengkapi dengan delapan mode pencahayaan, antara lain Mode Tidur, Membaca, Bersantai, Romantis, dan masih banyak lagi. Delapan mode ini bisa pengguna pilih dan atur tingkat kecerahannya, baik itu menjadi lebih terang ataupun gelap melalui aplikasi EZVIZ yang terpasang pada perangkat smartphone.

Sementara itu, EZVIZ LB1 White Bulb akan memancarkan pancaran cahaya warm light yang hangat dan cocok untuk menemani berbagai aktivitas pengguna. Ada empat mode pencahayaan yang siap pakai dan dapat disesuaikan dengan rutinitas atau suasana hati pengguna. Seperti mode tidur, membaca, waktu luang, hingga lembut.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga