Songsong ATENSI 2021, LRSLU Minaula Kendari Gelar Peningkatan Kapasitas SDM

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Harry Hikmat

Yogyakarta. Akuratnews - Dalam rangka menyongsong dan mensukseskan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dan Sentra Layanan Sosial (SERASI), LRSLU Minaula Kendari sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI menggelar Peningkatan Kapasitas SDM.

"Seluruh jajaran LRSLU Minaula Kendari siap mendukung kebijakan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia dengan pendekatan baru melalui ATENSI," kata Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin Ph.D. saat virtual conference. Kamis (10/9/2020).

Secara virtual, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Dr. Ir. R. Harry Hikmat, M.Si sebagai pemateri utama memberikan penguatan kepada seluruh peserta tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dan Sentra Layanan Sosial (SERASI) bagi lanjut usia.

"Arah kebijakan ini dalam bentuk penguatan sistem rehabilitasi sosial yang terintegrasi,  saat ini Kementerian Sosial hadir untuk perluasan jangkauan perlindungan lansia berbasis keluarga, komunitas dan resedensial, penguatan kapasitas Balai/Loka dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lanjut Usia, selain itu juga peningkatan kampanye kelanjutusiaan dan peningkatan peran masyarakat dan swasta dalam pelayanan lansia," papar Harry Hikmat.

"Peningkatan pelayanan terhadap lanjut usia juga akan diwujudkan dalam program Sentra Layanan Sosial (SERASI) yang diharapkan dapat mempermudah lansia mengakses berbagai pelayanan dalam satu pintu," tambahnya

Sementara itu, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Drs. Andi Hanindito, M.Si menekankan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM tersebut diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh pegawai LRSLU Minaula Kendari untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kekompakan tim dalam bekerja memberikan layanan kepada lanjut usia.

Selain kedua narasumber tersebut, turut memberikan materi dari kalangan akademisi, yaitu Dr. Mujidin, M.Si dari Universitas Ahmad Dahlan dan Veny Hidayati, M.Psi dari Universitas Gajah Mada, keduanya menekankan pelayanan dengan mengedepankan rasa tulus dalam melayani lanjut usia.

Dengan mengusung tema Sumber Daya Manusia yang Tangguh dan Profesional, kegiatan yang diikuti oleh 30 orang pegawai baik struktural maupun fungsional tersebut mengundang Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial dan Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, serta narasumber yang berasal dari akademisi. (akuratnews).

Penulis:

Baca Juga