Sosialisasi 4 Pilar MPR, Mulyanto Ajak Masyarakat Jaga NKRI

Kabupaten Tangerang, Akuratnews.com - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Mulyanto mengajak masyarakat mensyukuri hasil perjuangan para pendiri bangsa yang berhasil merumuskan konsep dan dasar negara Indonesia berdasarkan nilai-nilai keagamaan. Berkat perjuangan para pendiri bangsa tersebut Indonesia menjadi negara yang menjadikan agama sebagai landasan utama konstitusi.

Hal ini terbukti dengan dicantumkan kalimat "Atas berkat rahmat Allah" dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Kalimat tersebut membuktikan secara nyata pengakuan dari pendiri bangsa bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Allah, bukan semata-mata hasil perjuangan rakyat Indonesia.

Ajakan tersebut disampaikan Mulyanto dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Aula Kantor Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Ahad (9/2).

Sosialisasi 4 Pilar dihadiri oleh para Kepala Desa, Ketua RW/RT dan diikuti oleh 150 peserta terdiri dari masyarakat pemuda sekecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

"Kita bersyukur para founding father telah dengan tegas mengukirkan dalam dokumen monumental Pembukaan UUD 1945 tentang dasar negara kita," kata Mulyanto.

Dalam sambutannya Mulyanto mengulas kiprah Dr. Rejiman Widioningrat saat rapat pembukaan BPUPKI. Saat itu Rejiman mengajukan pertanyaan filosofis tentang dasar negara negara Indonesia. Bermula dari pertanyaan itu semua anggota BPUPKI membentuk Panitia 9, yang dipimpin Bung Karno, untuk merumuskan dasar negara Indonesia.

"Sejarah mencatat jawaban atas pertanyaan Dr. Rejimen terpatri dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945, yang dikokohkan pada Pasal 29, batang tubuhnya, bahwa Negara Berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa," jelas Mulyanto.

Dengan runtut sejarah seperti itu sudah sewajarnya bangsa Indonesia mensyukuri apa yang sudah dihasilkan.

Penulis: Redaksi

Baca Juga