Sosialisasi Kebijakan Kapolri, Propam Polda Sultra Minta Masyarakat Laporkan Polisi Melanggar

AKURATNEWS - Sosialisasi pembinaan, pengawasan Etika Profesi dan kegiatan mitigasi pencegahan pelanggaran personil Polri yang dilaksanakan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) di lima daerah Kepulauan wilayah hukumnya itu, berakhir pada hari Minggu (13/3) di Kabupaten Muna.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan Kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Propam Polda Sultra melalui Tim Kepulauan Pamin 1 Subbid Wabprofnya, mengawali sosialisasinya dari Polres Kota Baubau pada tanggal 8 Maret 2022,  berlanjut ke Polres Kabupaten Buton pada tanggal 9 Maret, kemudian tanggal 11 Maret di Polres Kabupaten Wakatobi, 12 Maret di Polres  Buton Utara (Butur), dan diakhiri di Polres Kabupaten Muna pada Minggu 13 Maret 2022.

Kegiatan sosialisasi Propam Polda Sultra itu adalah dalam rangka mewujudkan kesadaran dan kepribadian yang baik pada personil Polri pada umumnya dan  lingkup Polda Sultra pada khususnya.

Mengambil tempat di aula Aryaguna Polres Muna, dalam kegiatan yang digelar 1 hari itu, dihadiri oleh jajaran personil Propam, Reskrim dan Polsek di wilayah hukum Polres Muna

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin,S.IK, melalui Wakapolresnya, Kompol Laode Surahman,S.Sos,M.Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa sangat pentingnya sosialisasi ini, mengingat tingginya angka Pelanggaran personil Polri di Polres Muna.

Dengan sosialisasi yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menekankan etika profesi dalam rangka menjaga nama baik institusi serta dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat.

"Sosialisasi ini penting untuk menanamkan pemahaman kepada personil sehingga nantinya saat berhadapan dengan masyarakat dapat beretika baik dan menjadi penyejuk dalam menjaga Kamtibmas dan penegakan hukum," Tegasnya di hadapan peserta sosialisasi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres pengganti, Kompol Faisal,S.Sos, menyinggung Persoalan vaksinasi yang  menjadi perhatian serius institusinya.

"Untuk persoalan Vaksinasi, kita lakukan beberapa penyekatan lokasi dan ini menjadi perhatian kita bersama, sehingga harapan pencapaian dapat terlaksana sesuai target," Katanya

Sementara itu Propam Polda Sultra, melalui Tim Sosialisasi Kepulauan Pamin 1 Subbid Wabprof Bid Propam, Iptu Darul Aqsa, SH dalam sambutannya menuturkan kegiatan ini adalah dalam rangka menindaklanjuti perintah pimpinan Polri guna mencegah pelanggaran personil di Wilayah Jajaran Polres Muna, baik pelanggaran disiplin, kode etik maupun tindak pidana.

"Kita tekankan disiplin, pemahaman Tribrata, Catur Prasetya dan kesadaran diri yang beretika dengan bermoral agama dan adat, bahkan kepatuhan dan ketaatan personil Bhayangkara, Bhayangkari dan keluarganya juga menjadi perhatian kami," Tutur Darul Aqsah.

Mantan Kapolsek Katobu, Polres Muna itu juga menekankan agar personil Polri di dorong guna melaksanakan tugas pokoknya memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang telah diatur dalam pasal 13 UU No. 2 tahun 2002 terkait personil polri memiliki Etika Kepribadian yang baik dengan mengedepankan kesadaran diri dan kepatuhan sesuai dengan Kode Etik dan SOP.

Dirinya mengingatkan, bagi Kanit Reskrim dan Kanit Provost atau secara umum jajaran personil Polres Muna sebagai personil yang bersentuhan langsung dengan Kamtibmas perlu untuk sadar akan perilakunya, apakah sudah baik atau belum.

"Khusus Reskrim berhati-hati dalam menegakkan hukum, jangan ada upaya atau perlakukan-perlakuan yang menyimpang  apalagi dengan imbalan untuk mengendapkan atau pending kasus," Tegasnya.

Lanjut Dia, sebelum melakukan pengembangan kasus, lakukan upaya pembinaan terutama pada kasus-kasus tertentu dan tegakan hukum pada kasus yang tak ada solusi.

"Silahkan jalankan tugas sesuai kode etik dan SOP," Ucapnya.

Diakhir sambutannya itu dia sangat mengharapkan bantuan pengawasan masyarakat terkait personil Polri yang menjalan tugasnya, jika terdapat pelanggaran pelanggaran yang dilakukan, agar melaporkan ke bidang Propam guna ditindaklanjuti.

" Jika ada masyarakat yang mengetahui personil Polri melakukan pelanggaran, silahkan langsung laporkan ke Propam, bahkan Ini sudah menjadi atensi pimpinan dan kami serius untuk mencegah, membina dan memberikan sanksi terhadap personil yang melakukan pelanggaran-pelanggaran," tutupnya.

Penulis: Zainal Arifin
Editor: Novrizal R Topa

Baca Juga