SPMI-PP Siap Beri Perlindungan Bagi Pekerja Migran Indonesia

Ketua Umum SPMI-PP Ahmad Faisol
Ketua Umum SPMI-PP Ahmad Faisol

AKURATNEWS - Guna mewadahi serta memberikan perlindungan para pekerja Indonesia di dalam dan di luar negeri, Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) membentuk Serikat Pekerja Migran Indonesia Patriot Pancasila (SPMI-PP).

Ketua Umum SPMI-PP Ahmad Faisol mengatakan bahwa pembentukan wadah antara PP dan SPMI guna mendudukkan pekerja sebagai subjek dan penyumbang devisa kepada negara.

"Selama ini mereka sebagai objek padahal mereka itu subjek. PP dan serikat pekerja migran mendudukkan persoalan ini pada tempatnya" kata Faisol disela sela pembukaan Rakor ke I SPMI-PP di Jakarta, Minggu, 12 Desember 2021.

"Pikiran besar tentang migrasi perlu dikembangkan agar mereka dijadikan sebagai devisa negara yang baik. Tidak ada lagi low dan middle cluster." ujar Ahmad Faisol.

Ahmad Faisol mengatakan bahwa pihaknya juga memberi saran dan usulan ke pemerintah dan pihak lain untuk berpikir maju terhadap para pekerja migran Indonesia.

Termasuk dalam hal ini bagaimana memberikan perlindungan kepada pekerja migran yang mengalami persoalan seperti menjadi korban Human Tracficking atau juga jual beli pekerja seksual.

"Perlindungan kepada pekerja migran harus ada edukasi tentang kewajiban dan efek samping sebagai pekerja migran." tutup Ahmad Faisol.

Sementara itu, Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3), Jamaluddin Suryahadikusuma mendorong kader-kader PP untuk membentuk serikat pekerja karena anggota PP di daerah kebanyakan buruh dan pekerja.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Alamsyah
Editor: Ahyar

Baca Juga