Ssst… Ternyata Kolesterol Bermanfaat, Tapi Ada Batasnya

Ambon, Akuratnews.com - Kolesterol diperlukan bagi tubuh untuk proses metabolisme, membangun sel-sel baru, memproduksi vitamin D dan membentuk hormon. Namun tidak semua kolesterol dapat berguna.

Kolesterol tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskuler. Ketika mengetahui bahwa kadar kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi, kamu perlu waspada dan segera menurunkannya. Salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah mengubah gaya hidup serta pola makan.

"Apabila kadar kolesterol berlebih, akan terjadi penumpukan lapisan lemak disepanjang pembuluh darah, jika kondisi ini terus berlangsung, kolesterol yang terus terakumulasi akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memperberat kinerja jantung", tutur dr Denny Jolanda Sp.PD saat berbicara dalam Webinar Kesehatan yang digelar Siloam Hospitals Ambon, Jumat (12/2)

Denny, dalam pemaparannya mengatakan, selain mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membuat kolesterol turun lebih cepat.

Resep alami itu yaitu:

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah.
Memperbanyak konsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

2. Hindari Makanan Berlemak.
Makanan berlemak merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Pastikan untuk tidak menggoreng makanan-makanan tersebut.

3. Berolahraga.
Jalani aktifitas gerak tubuh dengan melakukan olahraga agar membantu menurunkan kadar kolesterol. Olahraga teratur 4-6 kali/minggu selama 30-60 menit, dan hindari gaya hidup yang tidak aktif secara fisik.

4. Berhenti Merokok.
Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terbentuknya plak kolesterol di pembuluh darah.

Namun, sebelum melakukan berbagai upaya untuk menurunkan kolesterol, Denny Jolanda mengingatkan, perlu mengetahui kadar kolesterol terlebih dahulu.

"Apalagi kolesterol tinggi kerap tidak menimbulkan gejala yang berarti. Diperlukanpemeriksaan kesehatan secara rutin," imbuhnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga