Stasiun, KRL dan TransJakarta Pun Terus Kena Semprot

Jakarta, Akuratnews.com - Ruang publik menjadi tempat rawan penyebaran virus Corona (Covid-19). Oleh karenanya, BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) terus bergerak melakukan tindakan pencegahan penyebarannya.

Kali ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke area transportasi publik di Stasiun Tebet dan Halte TransJakarta Kampung Melayu, Jumat (20/3).

Menurunkan tujuh personel yang terdiri dari anggota dan relawan BTB, kegiatan penyemprotan diarahkan pada titik-titik yang sering dilalui oleh banyak orang, seperti peron dan ruang tunggu stasiun.

Kegiatan penyemprotan ini juga dibarengi dengan pengelapan untuk area yang sering disentuh masyarakat seperti gagang pintu, kursi, dan pegangan tangga stasiun.

Kepala BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri menjelaskan, sesuai agenda, dalam dua minggu kedepan, area transportasi publik menjadi fokus utama penyemprotan setelah sebelumnya dilakukan penyemprotan di area publik, seperti masjid, mushola, dan sekolah.

“Stasiun merupakan salah satu tempat yang cukup rentan dalam hal penyebaran Covid-19. Banyaknya orang yang menggunakan fasilitas kereta juga kemungkinan besar membuat virus akan mudah menular,” ujarnya.

Tak hanya di area stasiun, lanjut Dian, tim BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan penyemprotan disinfektan di Halte TransJakarta Kampung Melayu. Pasalnya halte ini menjadi salah tempat yang cukup banyak orang-orang melakukan transit.

“Kami juga melakukan pensterilan di dalam bus TransJakarta seperti pengelapan kursi, besi penyangga, handle penumpang dan semua titik yang berpotensi tersentuh oleh penumpang. BAZNAS Tanggap Bencana akan terus berupaya untuk terus membuat gerakan dalam rangka mitigasi dan pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Selain pensterilan dengan disinfektan, BAZNAS Tanggap Bencana dalam kegiatan ini juga melakukan pembagian hand sanitizer kepada para penumpang KRL.

Direktur BAZNAS, M Arifin Purwakananta menambahkan lonjakan korban yang semakin hari terus bertambah, membuat aksi pencegahan harus lebih ditingkatkan untuk menekan angka penyebaran.

“BAZNAS tidak akan berhenti berjuang membantu pemerintah dalam penanganan pencegahan bencana nasional non alam ini. Semoga kami bisa memberikan ikhtiar yang terbaik untuk melayani umat,” tuturnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga