Sterilkan Jalur, Trans Jakarta Akan Pasang Tilang Elektronik Disemua Koridor

Direktur Utama Trans Jakarta, Agung Wicaksono, bersama Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Pol Yusuf. (akuratnews.com)

Jakarta, akuratnews.com - Trans Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas PMJ) menandatangi kesepakatan Kerja sama terkait pemasangan CCTV di jalur Bus Way, Senin (09/9/19).

MOU atau nota kesepahaman tersebut dilakukan agar kawasan Trans Jakarta bisa steril dari kendaraan lain.

Dirlantas PMJ, Kombes Pol Yusuf mengatakan bahwa MOU atau nota kesepakatan dengan PT Trans Jakarta, berkaitan dengan pemasangan CCTV atau tilang elektronik atau kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk memantau jalur bus way.

"Jadi ini sudah di laksanakan MOU secara teknis dan peralatannya seperti apanya bagaimanana dan penindakannya sudah di bicarakan. secara teknis dan dari pihak Trans Jakarta merespon dan pihak kepolisian mendukung kegiatatan ini," Kata Yusuf.

Yusuf menegaskan bahwa tidak ada dispensasi kendaraan yang melintas jalur bus way, karena kamera CCTV di pasang untuk semua jenis kendaraan. "Kecuali keadaan darurat tinggal kordinasi dengan pihak trans Jakarta, seperti damkar dan ambulance membawa orang sakit," ujarnya.

Masih di tempat yang sama Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksono, mengatakan bahwa di era industri 4.0 teknologi juga dapat diperankan dalam transportasi. "Dimana jalur Trans Jakarta ini steril dari kendaraan umum, supaya jadwal dan akurat kedatangan Bus Way bisa di ketahui penumpang," jelasnya.

Sempat mengalami penurunan tingkat sterilisasi pada 2016 hingga 2018 dimana jalur lalu lintas semakin padat, Agung mengungkapkan bahwa Trans Jakarta terinspirasi dari Polda yang sudah menerapkan ETLE dan sudah berjalan cukup efektif

"Seiring prinsip 4.0 ini dan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, Trans Jakarta bekerja sama dengan Direktorat lalulintas Polda Metro jaya pemasangan CCTV di koridor TrasJakarta. Dan sangat efektif untuk mejadikan efek jera bagi pangguna jalan yg melanggar," kata Agung.

"Perencana Kerja sama ini masih dirancang secara teknis dan diskusikan, ini masih dalam masa proses mou, nanti ada proses ujicoba, proses sosialisasi, dan baru di mulai proses penindakannya," tambahnya.

Sebagai informasi, pemasangan CCTV akan dilakukan pada seluruh koridor jalur TrasJakarta, dengan rincian 12 koridor, 1 koridor jalur atas dengan jumlah 13 koridor, akan di targetkan pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Penulis: Eddy
Editor:Hengki. L

Baca Juga