STN Siapkan Rembuk Tani Bangkit Peringati HTN 2019

Muhammad Asri Ketua STN Sumatera Selatan. (foto dok. Akuratnews.com)

Palembang, Akuratnews.com - Sedikitnya 500 Petani akan berkumpul untuk memperingati Hari Tani Nasional yang akan di selenggarakan oleh Komite Pimpinan Wilayah Serikat Tani Nasional Sumatera Selatan.

Rembuk Tani Bangkit ini adalah salah satu agenda di mana petani akan merumuskan masa depan petani.

Rembuk Tani Bangkit rencananya akan di pusatkan di Kelurahan Mariyana Kecamatan Banyausin 1 kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Menurut Muhammad Asri Ketua STN Sumatera Selatan menjelaskan bahwa di dalam rembuk ini para petani akan membahas berbagai Hal Terkait pertanian di Sumatera Selatan. Mulai dari Pemberdayaan Petani. Bagaimana mengemas produk pertanian. Juga tentang Konflik Agraria yang Terjadi di Sumatera Selatan

"Selama ini STN selain mendampingi penyelesaian konflik Agraria di Sumatera Selatan seperti konflik agraria di Campang Tiga dan Betung Timur OKU Timur. Juga melakukan pemberdayaan Pemuda Tani, pemberdaya Wanita juga buruh Tani di Sumatera Selatan. Harapan kami ke depan Petani Petani di Sumatera Selatan mampu membuat produk-produk pertanian dalam bentuk kemasan dan mampu memasarkan produk produk pertanian tersebut baik dalam skala lokal atau nasional bahkan bila Perlu di ekspor" Demikian Papar Asri.

Sementara Itu Ro'iin selalu Ketua Panitia Rembuk Tani menjelaskan. Bahwa dari data yang ada sudah tercatat 100 kelompok Tani yang akan siap hadir di rembuk tersebut baik itu yang berasal dari Poktan. Pemuda Tani. Wanita Tani.atau serikat serikat Tani di Sumatra Selatan.

"Semoga Rembuk Tani ini akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kaum Tani di Sumatera selatan." Terang Ro'iin.

Dalam Agenda Rembut Tani yang mengangkat tema "Kaum Tani Rebut kedaulatan Agraria. Untuk kedaulatan pangan dan Energi", tersebutan di meriahkan oleh penampilan kesenian kesenian Rakyat yang di pentaskan oleh para petani. (*)

Penulis: .....
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga