Suasana Jelang Pemakaman BJ Habibie

Jakarta, Akuratnews.com - Jelang pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Arus lalu lintas di Jalan Raya Kalibata di depan gerbang Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan mulai padat pada Kamis (12/9/2019) siang.

Pantauan Akuratnews.com di lokasi sejumlah tentara dan polisi militer berjaga di muka gerbang TMP Kalibata. Begitu pula anggota Polri beserta Paspampres.

Beberapa kendaraan tampak mencari parkir dengan melambatkan lajunya. Ditambah mobilitas orang-orang yang menyeberang, arus lalu lintas pun tersendat di kedua arah. Kemacetan mengular hingga pos polisi TMP Kalibata.

Kantong parkir terdekat berada tepat di lahan seberang gerbang utama TMP Kalibata, namun tampak sudah penuh.

Sejumlah awak media juga sudah siap merekam dan meliput prosesi upacara pemakaman Bapak Inspirator itu.

Dalam upacara pemakaman Habibie siang ini, Presiden Joko Widodo akan menjadi Irup. Jokowi hadir di TMP Kalibata sekitar pukul 13.05 WIB.

Habibie juga akan dimakamkan persis di sebelah pusara istrinya, Ainun Habibie. Makam keduanya terlihat berjejer rapi.

Putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, sebelumnya mengatakan sang ayah wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB, pada usia 83 tahun. Habibie sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sejak 2 September lalu.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Habibie wafat karena faktor usia dan faktor lainnya, yakni karena jantung yang sudah melemah. "Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak," ujar Thareq.

Penulis: Ahyar
Editor:Redaksi
Photographer:Ahyar

Baca Juga