Pemilu 2019

Sudah 144 Anggota KPPS Meninggal, Santunannya Rp30 Juta Per Orang

Jakarta, Akuratnews.com - Hingga hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan sebanyak 144 anggota KPPS meninggal dunia dan ratusan petugas dinyatakan sakit dalam bertugas menjalankan pelaksanaan pemilu.

Terkait hal ini, KPU mengusulkan kepada pemerintah memberikan santunan sebesar Rp30 juta bagi anggota KPPS yang meninggal.

Dijelaskan Komisioner KPU, Viryan Aziz, santunan Rp30 juta per anggota KPPS yang meninggal adalah usulan yang dimintakan lembaganya. Dan prinsipnya pemerintah siap memberikan santunan tersebut.

"Besarannya masih dihitung. Diusahakan secepat mungkin," kata Viryan di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (25/4).

Kepada para petugas pemilu yang masih bertugas melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kabupaten/kota, KPU mengimbau tetap menjaga kesehatan mereka.

Menurut Viryan, lembaganya sudah mendapatkan informasi bahwa para petugas pemilu akan mendapatkan bantuan kesehatan dari kementerian kesehatan untuk membantu mengecek kondisi kesehatan para petugas yang melakukan rekapitulasi penghitungan suara di daerah.

Kemenkes juga telah menugaskan seluruh dinas kesehatan di daerah untuk membantu mereka.

"Jadi kalau jajaran kita PPK, KPPS dan PPS ada yg sakit bisa segera menghubungi bantuan kesehatan dari pemda atau dari kemenkes. Setahu kami gratis. layananan kesehatannya yang datang ke kantor kecamatan (yang gratis)," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga