Sudjiatmi Notomiharjo Tak Pernah Bermimpi Anak yang Dilahirkannya Menjadi Presiden

Presiden Jokwo Widodo dan Ibundanya Sudjiatmi Notomiharjo
Presiden Jokwo Widodo dan Ibundanya Sudjiatmi Notomiharjo

AKURATNEWS - Rochim Pati, Ketua Umum Relawan Kerja Untuk Rakyat (KUR) mengatakan, dirinya tidak pernah bermimpi untuk jadi Bupati, Walikota, Gubernur, apalagi Presiden.

"Cukup bagi saya bercita-cita membahagiakan wong cilik sebagai bakti anak kepada orang tuanya. Bagi saya wong cilik memang sebagai orang tua," kata pria yang juga akrab disapa Gus Rochim ini, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Termasuk juga, kata dia, Sudjiatmi Notomihardjo ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sudjiatmi, kata Gus Rochim adalah wanita yang lahir dari pasangan Bapak Wirorejo dan Ibu Sani, rakyat kecil dari Jawa yang merangkak sebagai pengusaha kayu dan bambu skala kecil-menengah. Tidak pernah bermimpi anak yang dilahirkannya menjadi Walikota, Gubernur, dan berpuncak menjadi Presiden.

"Almarhumah Sudjiatmi hanya ibu rumah tangga yang membantu suaminya Widjiatno Notomihardjo, untuk menyambung hidup dan menyekolahkan anak-anaknya dengan mengikuti jenis usaha bapaknya, almarhum Wirorejo,'' ujar Gus Rochim.

''Tapi takdirnya tak main-main, dari rahimnya kelak melahirkan Presiden RI ke-7. Bagaimana bisa?," sambung dia.

Kalau kita bicara Qadha, lanjut dia, sesuatu ketentuan yang dapat diubah sebelum Qadar atau ketentuan final dari Allah, diistilahkan sebagai takdir.

"Bu Noto hanya menjalankan peran sebaiknya-baiknya dan sesungguhnya sebagai istri dan ibu. Ia pun konsisten melaksanakan perannya sebagai warga yang baik di tengah masyarakat atau lingkungannya, selain tentu menjalankan perannya sebagai hamba Allah sebaik-baiknya," ujar Budayawan ini.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Zulfahmi Siregar

Baca Juga