Suka Keluyuran Malam? Nikmati 6 Wisata Yogyakarta yang Cocok Bagi Anda

Malioboro, salah satu Destinasi Wisata di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com – Keluyuran malam hari selain menyejukkan juga mampu membuat fresh otak dan pikiran. Salah satu kota yang terbilang ok untuk anda yang suka keluyuran malam hari adalah Yogyakarta. Selain aman dan nyaman, aneka kuliner serta penginapan relatif mudah didapat.

Kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang saat senja tiba, keindahan Yogja pun terbias dari kuliner dan kesejukkan kota. Ada banyak pilihan tempat wisata malam di Yogja yang bisa dinikmati yang dikutip Akuratnews dari berbagai sumber:

1. Malioboro

Banyak orang yang mengatakan; belum ke Yogja namanya jika belum mampir ke Malioboro. Ruas jalan yang paling fenomenal, legendaris dan populer di Yogja ini seakan tidak ada matinya, bahkan di malam hari.

Di sepanjang jalan ini bisa ditemukan banyak tempat untuk wisata belanja hingga menikmati kuliner khas Yogja ditemani alunan musik dari musisi jalanan yang unik dan juga kreatif. Tak hanya jalan kaki, banyak juga wisatawan yang memilih naik becak dan delman untuk menyusuri Jalan Maliboro. Banyak juga yang sekedar berfoto-foto di sepanjang jalan ini.

2. Tugu Yogja

Tak begitu jauh dari Malioboro, bisa ditemukan Tugu Yogja yang merupakan ikon Kota Raja Jawa ini, yang bisa jadi tujuan wisata malam seru di Yogja. Tugu yang bercat putih dengan sepuhan emas ini berdiri kokoh di persimpangan Jl. AM. Sangaji, Jl. Diponegoro, Jl. Sudirman dan J. Margo Utomo (P. Mangkubumi). Tugu Yogja ini juga berada di garis antara Gunung Merapi dan Keraton, sehingga membuatnya semakin istimewa.

Semakin malam, gemerlap sorot lampu jalan dan kendaraan yang melintas di sekitar tugu ini semakin menambah kecantikan Tugu Yogja. Tugu ini selalu ramai dengan orang-orang yang ingin berfoto ria atau sekadar nongkrong di sekitarnya.

3. Titik Nol Kilometer Yogja

Masih di Jalan Malioboro, terdapat titik nol kilometer Yogja yang jadi tempat favorit anak muda Jogja untuk nongkrong di malam hari. Titik Nol Kilometer ini berada di ujung jalan Maliboro yang menjadi titik pertemuan empat jalan, yaitu Jl. Jenderal Ahmad Yani, Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Jl. Trikora, dan Jl. Senopati.

Di sekitar kawasan nol kilometer ini juga bisa ditemukan beberapa bangunan tua peninggalan Belanda yang disebut Loji. Ada juga berbagai komunitas dan seniman yang semakin memeriahkan suasana di sekitar kawasan nol kilometer ini, seperti misalnya memakai kostum dan berdandan ala hantu, street dance dan sebagainya.

4. Alun-alun Kidul (Alkid)

Alun-alun Kidul yang berada di bagian selatan kompleks Keraton Yogyakarta ini merupakan saah satu lokasi nongkrong hits di kalangan anak muda Yogja dan juga wisatawan. Sejak sore, lapangan yang ditumbuhi dua pohon beringin ini mulai terlihat ramai dengan para pedagang yang mulai membuka dagangannya dan pemilik mobil-mobil hias mulai menyalakan lampu.

Alun-alun Kidul selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar maupun wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati malam di Yogja sambi naik mobil yang dihiasi lampu warna-warni hingga makan lesehan di angkringan yang banyak di sekitar area ini. Alun-alun kidul juga identik dengan tradisi Masangin yang menyebutkan jika seseorang berhasil berjalan melewati dua pohon beringin yang ada di tengah-tengah alun-alun sambil ditutup matanya konon keinginan orang tersebut bisa terwujud.

5. Plengkung Gading

Tak jauh dari Alkid, ada Plengkung Gading yang juga jadi tempat nongkrong hits malam hari di Yogja. Bangunan tembok ini merupakan bagian dari tembok pertahanan Keraton Yogyakarta. Tak hanya di siang hari, pada malam hari pun banyak wisatawan yang datang kesini karena Plengkung Gading dihiasi lampu berwarna warni yang begitu cantik.

Wisatawan yang datang ke bangunan ini bisa berjalan ke atas plengkung dengan menggunakan anak tangga. Di atas plengkung tersebut ada sebuah ruang yang lumayan besar untuk duduk santai sambil mengobrol.

6. Taman Pelangi Monjali

Taman yang terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali) yang ada di Ring Road Utara ini juga jadi destinasi wisata malam di Jogja yang hits. Disini bisa ditemukan berbagai bentuk lampion warna warni, seperti bentuk aneka bunga, tokoh kartun, hewan, benda antik, tokoh wayang serta replika keajaiban dunia.

Di taman ini juga terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati anak-anak dan juga orang dewasa. Warna-warni lampu Taman Pelangi di malam hari semakin menambah keindahan malam di Yogja. Tiket masuk ke Taman Pelangi Monjali ini adaah Rp 20.000 per orang dan bisa berfoto hingga puas di dalamnya.*

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga