Sukses Tanam Melon, Kelompok Tani Mugi Lestari Gelar Panen Raya

Blitar, Akuratnews.com - Dalam rangka memberikan motivasi dan rangsangan kepada petani untuk mengembangkan tanaman melon, Kelopok Tani “Mugi Lestari” menggelar acara Panen Raya.

“Perkembangan pertanian di Kecamatan Wonotirto boleh dibilang berhasil, penanaman di lahan kering seperti jagung, cabai dan bawang merah sangat memuaskan, sedangkan untuk budidaya tanaman melon juga mengalami perkembangan, yang semula 2 hektar sejak 2013 sekarang sudah mencapai 35 Hektar lebih.“ Jelas Rudi Krisdianto, Ketua kelompok tani Mugi Lestari saat Panen Raya di Blitar, Kamis (26/9/2019).

Selain itu, menurut Rudi, perkembangan pertanian di Kec. Wonotirto terutama untuk penanaman padi Gogo di lahan kering juga terbilang sukses. Sementara, Bupati Bitar Drs.Riyanto dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berhasil berinovasi bercocok tanam holtikultura.

"Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Wonorirto umumnya, khususnya masyarakat desa Pasiraman yang mau berinovasi bertanam melon sebagai tanaman holtikultura," ujar Bupati.

Tanaman holtikultura yang dikembangkan ini merupakan terobosan baru dalam bidang pertanian Blitar selatan. Diketahui, selama ini para petani di daerah Blitar selatan hanya menanam Ranjen.

Bupati berharap, para petani pemuda atau kaum milenial bisa berperan dalam mengembangkan potensi desa, menurut dia permintaan buah melon di pasaran cukup tinggi. "Peluang tersebut hendaknya bisa dimanfaatkan para petani muda untuk membuka usaha, dan memajukan perekonomian desa," harapnya. (*)

Penulis: Yusfi WS
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga