Sumut Sport Centre, Bakal Jadi Termegah Di Asia

Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajecksah, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dan Kadispora Sumut Baharuddin Sitorus saat acara ekspos Mastet Plan Sumut Sport centre di aula RIS kantor Gubsu, Medan (3/12/2019)
Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajecksah, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dan Kadispora Sumut Baharuddin Sitorus saat acara ekspos Mastet Plan Sumut Sport centre di aula RIS kantor Gubsu, Medan (3/12/2019)

Medan, Akuratnews.com - Sumut Sport Centre diharapkan akan menjadi termegah di Asia dan icon kebanggaan Provinsi Sumatera Utara yang pembangunannya diharapkan selesai pada 2023 mendatang. Untuk segera merealisasikan pembangunan kawasan Sport Centre tersebut dilakukan ekpose Master Plan Sumut Sport Centre di aula Raja Inal Siregar lantai 2 kantor Gubernur Sumatera Utara, di Medan, Selasa (3/12/2019).

Hadir dalam ekspose tersebut Gubermur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Musa Rajecksah, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, para OPD dan pejabat terkait lainnya.

Dalam ekspos tersebut dipaparkan antara lain pembangunan stadion utama, lapangan hoki indoor/outdoor, akuatik, velodrome, sirkuit balap motor, gedung senam, gedung bowling, gedung squash, lapangan kriket, lapangan gateball, kurash dan sambo.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan bahwa pembangunan sport centre ini nantinya akan memasukkan unsur unsur ornamen dari 33 kabupaten kota di Sumatera Utara khususnya Deli Serdang begitu juga UKM sehingga kawasan ini menjadi kawasan tourisme.

"Seperti yang dipaparkan arsitek tadi disitu juga akan ada UKM, toko souvenir dan kuliner. Kawasan ini bukan hanya sport centre saja tapi akan dijadikan kawasan tourisme yang menyajikan kuliner, budaya, dan sebagainya" jelas Edy kepada awak media.

Bahkan nantinya, tambah Edy, dia akan bangun stasiun kereta api khusus dikawasan sport centre dan juga kawasan yang disebut botanical garden. Dia akan meminta tambahan lahan seluas 400 hektar yang digunakan untuk botanical garden untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Edy juga menjelaskan bahwa pada Januari 2020 pembangunan sport centre ini sudah bisa dikerjakan.

"Setelah pertemuan minggu ketiga nanti maka Januari 2020 sudah mulai dikerjakan" pungkas Edy.

Untuk diketahui, perencanaan pembangunan Sport center tersebut akan menempati lahan seluas 300 hektar eks HGU PTPN II di Desa Saentis, Kabupaten Deliserdang arah ke Bandara Kualanamu. Kawasan sport centre tersebut nantinya berdekatan dengan rencana pembangunan Islamic Centre.

Dengan lahan yang cukup luas, Sport Centre yang akan dibangun bakal menjadi yang termegah di Asia yang dipersiapkan untuk PON 2024 hingga Olimpiade 2030. Selain ini kawasan ini juga akan dijadikan kawasan wisata atau tourisme.

Ini adalah kali kedua Sumut menjadi tuan rumah PON. Terakhir kali PON dihelat di Sumut pada 1953 silam. Salah satu peninggalan PON 1953 adalah Stadion Teladan Medan yang nantinya akan direnovasi.

Baca Juga