Surat Permohonan Maaf Pemberitaan di Akuratnews.com

Ilustrasi Surat (pixabay)

No : U/ANC/18/10/2020
Perihal : Klarifkasi dan Permohonan Maaf

Kepada Yth Redaksi Pinterpolitik.com

Sehubungan dengan pemberitaan yamg telah tayang di media Akuratnews.com yang beralamat di Jalan H. Sanyar No 67b, RT 13/RW.5, Penggilingan Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, dengan judul berita “Kunjungi Indonesia, AS dan Tiongkok Rebutan NU?” dan dinilai menjadi produk plagiat dari pemberitaan di pinterpolitik.com dengan judul berita “Ketika AS Tiongkok Rebutan NU?”, dan menimbulkan permasalahan yang mengakibatkan dilayangkannya surat somasi kepada redaksi Akuratnews.com, dengan nomor surat 084/MPK/SS/X1/2020.

Dari permasalahan yang timbul tersebut, kami dari menajemen serta redaksi Akuratnews.com, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pinterpolitik.com dengan alamat redaksi di Jalan Aditryawarman Nomor 43, RT. 05/RW. 002, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang telah memberikan masukkan atas kecerobohan pihak akuratnews.com, yang lepas dari kroscek sebelum pemberitaan dinilai dan diketahui setelahnya, merupakan produk jurnalistik dari pinterpolitik.com.

Permohonan maaf yang kami layangkan juga telah diikuti dengan penarikan/pencabutan berita dari kanal akuratnews.com. Perlu diketahui juga, pemberitaan yang disadur dari pinterpolitik.com setelahmya, bersifat sebagai dukungan untuk turut memberikan pencerahan informasi kepada masyarakat luas. Namun karena keteledoran yang ada seperti tidak mencantumkannya sumber berita, akhirnya menjadikan timbulnya masalah.

Penilaian pinterpolitik.com terkait pemberitaan yang disebutkan telah melakukan pelanggaran hak cipta, pelanggaran Informasi dan Transaksi Elektronik, dapat diterima pihak akuratnews.com. Dimana atas pemberitaan tersebut, pihak pinterpolitik.com menuntut PT AKURAT MEDIA NUSANTARA untuk:

1. Mencabut isi berita yang berjudul “Kunjungi Indonesia, AS dan Tiongkok Rebutan NU?” pada laman web hitts/ akuratnews com kunjungi-indonesia-as-dan-tiongkok-rebutan-nu/3

2. Mengupdate isi berita kepada pihak pinterpolitik.com apabila sudah mencabut isi berita yang berjudul “Kunjungi Indonesia, AS dan Tiongkok Rebutan NU?” pada laman web akuratnews.com.

3. Melakukan permintaan maaf secara formal yang selanjutnya ditayangkan di web pemberitaan akuratnews.com.

Dari ketiga poin dimaksud, pihak akuratnews.com tidak berkeberatan dan secara otomatis dengan tayangnya surat permohoman maaf ini, telah menjalankan seluruh tuntutan yang ada dan berharap ke depannya menjadi sinergi yang baik antar kedua media nasional ini, yang didasari dengan semangat memberikan informasi kepada masyarakat tanah air.

Atas kerjasama dan perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Pimpinan Redaksi
Akuratnews.com

Irish Riswoyo

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga