oleh

Suriah Diambang Perang Terbuka AS – Rusia

Moskwa, Akuratnews.com – Penambahan kekuatan militer Amerika Serikat disekitar kawasan laut Mediterania berupa pengiriman kapal selam serang kelas Los Angeles USS Newport News (SSN 750) milik Angkatan Laut Amerika ke Gibraltar Naval Base baru-baru ini memicu kekhawatiran bahwa perang di Suriah tidak terelakkan.

Sejumlah media Rusia: Sputnik, Lenta.ru dan TASS  khawatir tentang penempatan kapal selam di wilayah tersebut. Menurut media Rusia, kapal selam Angkatan Laut Amerika yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahawk terlihat memasuki pelabuhan Gibraltar di pintu masuk ke laut Mediterania.

Kapal selam bertenaga nuklir yang memiliki persenjataan yang sangat ampuh, diantaranya: Mk.48 torpedo, Sub-Harpoon rudal anti kapal dan rudal jelajah Tomahawk serangan darat.

Rudal Tomahawk dapat diluncurkan dari tabung torpedo dari dari dedicated sistem peluncuran vertikal. Kapal selam ini dapat beroperasi di bawah es, kemampuan menyelam di kedalaman 450 m.

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengatakan kedatangan ini kapal selam tersebut sebagai “kunjungan logistik terjadwal”.

Selama dua minggu terakhir, ada banyak spekulasi di media Rusia tentang kemungkinan negara-negara Barat yang dipimpin Amerika di Suriah.

Angkatan Laut Rusia juga telah mengirim gugus tugas terbesar ke Laut Mediterania sejak awal intervensi negara tersebut ke dalam konflik Suriah.

Pengiriman armada besar Rusia ini disebut untuk mengantisipasi kemungkinan serangan Amerika terhadap pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Moscow Times juga mencatat bahwa Amerika memperingatkan Rusia pekan lalu bahwa pihaknya siap akan mengambil tindakan militer terhadap Suriah jika Presiden Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia untuk merebut kembali Idlib, suatu wilayah terakhir yang dikuasai pemberontak di negara yang dilanda perang itu.

Kementerian Pertahanan Rusia, menyebut penggunaan senjata kimia merupakan tuduhan palsu yang dijadikan alasan koalisi Amerika untuk menyerang Suriah.

Hal yang mana pernah dilakukan koalisi Amerika terhadap rezim Presiden Saddam Husein di Irak, yang sampai sekarang tidak terbukti.

Munculnya kapal selam serang kelas Los Angeles yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahawk membuat kekhawatiran sejumlah ahli dan media di Rusia tentang kemungkinan serangan tersebut semakin besar.

Kelas Los Angeles, adalah kelas kapal selam serang cepat bertenaga nuklir yang merupakan tulang punggung armada kapal selam Angkatan Laut Amerika. (Red)

Loading...

Komentar

News Feed