Survei INES: Airlangga Suksesor Jokowi Pilihan Masyarakat

Survei INES Tempatkan Airlangga Hartarto sebagai Suksesor Jokowi
Survei INES Tempatkan Airlangga Hartarto sebagai Suksesor Jokowi

AKURATNEWS - Indonesia Network Election Survey (INES) melakukan jajak pendapat untuk mengukur tingkat keterpilihan tokoh sebagai calon kuat Presiden dan keterpilihan Parpol pada Pemilu 2024.

Jajak pendapat dilakukan terhadap 2.200 warga negara Indonesia berumur diatas 17 tahun, dengan mengunakan metode survei kepada Responden terpilih secara proposional penyebarannya di 34 Provinsi.

Direktur Eksekutif INES, Tri Permadi mengatakan, pengambilan dan penentuan sample mengunakan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan dengan tatap muka dan sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan Margin of Error kurang lebih 2,1 persen, dan dilakukan mulai 25 November hingga 7 Desember 2021.

Menurutnya, hasil dari survei menunjukan, kemampuan dan pengalaman tokoh yang diinginkan sebagai Presiden RI setelah Jokowi adalah tokoh yang mampu memulihkan kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini tergambar dari jawaban 89,3 persen respoden yang menginginkan Presiden yang bisa meneruskan program-program Jokowi, dan bisa memulihkan perekonomian masyarakat akibat dampak covid 19" ujar Tri dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 12 Desember 2021.

"Sementara sebanyak 5,1 persen Presiden yang tegas dan berwibawa, dan sebanyak 5,6 persen tidak memberikan pendapat," sambungnya.

Hasil survei juga menunjukan 74,6 persen masyarakat mengetahui untuk Pilpres disyaratkan bagi pasangan Capres yang akan maju diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Ahyar
Editor: Redaksi

Baca Juga