Survei LSI: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Kalangan Pemilih Muslim

Jakarta, Akuratnews.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, gelar Konferensi Pers Hasil Temuan dan Analisis Survei Nasional terkait pemilih muslim yang mendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 mendatang.

Rully Akbar selaku Peneliti LSI mengatakan, survei ini didasarkan pada enam kategori pemilih muslim. Dimana dari keenam kategori tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul hampir di semua segmen atas pasangan Prabowo-Sandi. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan survei sebelumnya yang menunjukkan elektabilitas Jokowi lebih besar dibandingkan Prabowo.

"Sejauh ini Jokowi unggul di pemilih muslim termasuk disemua kategorinya, yaitu kategori asosiasi dengan organisasi masyarakat (ormas), kategori pandangan agama dan politik, kategori tipe negara ideal, kategori frekuensi praktik ibadah, dan kategori tokoh panutan," ujarnya dalam Konferensi Pers, di Kantor LSI, Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Rully memaparkan, untuk kategori asosiasi ormas, Nahdatul Ulama (NU) menduduki peringkat pertama. Di segmen NU, Jokowi-Ma'ruf unggul 54.7%, sedangkan dari PA 212, Pasangan Prabowo-Sandi unggul 61.1%.

"Jokowi-Ma'ruf unggul di semua segmen kecuali di segmen yang mengidentifikasi dirinya sebagai PA 212," jelas Rully.

Untuk kategori kedua, pandangan agama dan politik, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul di semua segmen. Hal yang sama juga ditunjukkan pada kategori ketiga, yaitu tipe ideal negara.

Kategori keempat, berdasarkan praktek ibadah frekuensi sholat. Jokowi-Ma'ruf unggul di segmen setidaknya sholat sehari sekali, yaitu 57.9%, sedangkan Prabowo-Sandi unggul di segmen sholat pada moment tertentu, yaitu 43.5%.

Begitu juga dengan kategori kelima, yaitu praktek ibadah membaca Alquran. Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 61.0% untuk segmen membaca Alquran setidaknya sebulan sekali. Sedangkan Prabowo-Sandi unggul 42.9% pada segmen membaca Alquran di moment tertentu.

Kategori terakhir, yaitu berdasarkan ulama/tokoh agama yang paling didengar. Rully mengatakan, dari pendengar ulama, Prabowo-Sandi unggul di tiga tokoh/ulama, diantaranya pendengar Ustad Abdul Somad (UAS), Habieb Rizieq, dan Amien Rais.

Sementara Jokowi-Ma'ruf unggul di lima tokoh/ulama, yaitu pendengar Yusuf Mansur, Ma'ruf Amin, KH. Said Aqil Sirodj, Din Syamsudin, dan TGB Zainul Majdi.

"Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di semua tokoh kecuali UAS, Habieb Rizieq, dan Amien Rais," tukas Rully. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga