Survei LSI: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Pulau kecuali Sumatera

Konferensi Pers Hasil Survei Nasional, LSI Denny JA, gedung LSI, Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com
Konferensi Pers Hasil Survei Nasional, LSI Denny JA, gedung LSI, Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Jelang Pemilu 2019, elektabilitas calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan calon Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin semakin mengalami peningkatan.

Hal ini dibuktikan dari hasil Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada tanggal 14-22 September 2018. Dimana, LSI Denny JA melakukan perincian dukungan Capres-Cawapres di enam Pulau besar di tanah air.

"Di enam Pulau besar, Jokowi sejauh ini unggul relatif besar kecuali di Sumatera," kata Ardian Sopa selaku pembicara dalam Konferensi Pers Hasil Survei Nasional di gedung LSI, Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

Ardian memaparkan, dari kategori Pulau Jawa dengan base populasi paling besar, Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan sebanyak 52.6 persen, sedangkan Prabowo-Sandi sebanyak 25.9 persen.

Sedangkan di Pulau Sumatera lanjut dia, Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan 44.8 persen, sementara Prabowo-Sandi 43.8 persen.

"Jokowi-Ma'ruf bersaing ketat dengan Prabowo-Sandi di Pulau Sumatera," tukas Ardian.

Peneliti Senior LSI Denny JA ini melanjutkan, di Pulau Kalimantan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo-Sandiaga. Dengan perincian, 61.4 persen mendukung Jokowi, dan 30.0 persen mendukung Prabowo.

Begitu juga dengan Pulau Sulawesi, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 58.9 persen dari Prabowo-Sandi yang hanya 26.7 persen.

"Untuk Pulau Maluku dan Papua, Jokowi-Ma'ruf unggul telak dengan 76.0 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 12 persen," kata Ardian.

Kemudian terakhir, Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Ardian menyebutkan, sebanyak 50.0 persen mendukung Jokowi-Ma'ruf dan 35.0 persen memberikan dukungan untuk Prabowo-Sandi. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga