oleh

Survei LSI Ungkap Elektabilitas Kedua Capres Tak Banyak Bergerak

Jakarta, Akuratnews.com – Hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tidak banyak bergerak dibandingkan sebelum masa kampanye. Elektabilitas paslon Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi masih naik turun pasca dua bulan masa kampanye.

“November 2018 elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 53,2 persen, sementara Prabowo-Sandi 31,2 persen,” kata Peneliti senior LSI Denny JA, Rully Akbar dalam rilis hasil survei di kantor LSI, Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (6/12/2018).

Ia menuturkan pemilih yang belum menentukan pilihan ada sebanyak 15,6 persen. Jumlah ini menurun dari Agustus lalu yang sebesar 18,3 persen.

Rully mengaku pihaknya juga merekam naik turunnya suara kedua kandidat. Namun menurutnya, naik turun suara kedua calon tersebut tidak terlalu signifikan.

“Jarak kedua kandidat masih tetap diatas 20 persen dengan keunggulan Jokowi-Ma’ruf dibandingkan Prabowo-Sandi,” papar Rully.

Lebih lanjut, sebagai petahana Jokowi menurutnya diuntungkan dengan lima program utama yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Diantaranya, KIP dan KIS, beras sejahtera (rastra), program keluarga harapan (PKH), pembangunan infrastruktur dan pembagian sertifikat tanah.

“Sementara selama dua bulan kampanye, Prabowo-Sandi belum banyak berkesempatan mempopulerkan programnya untuk dikenal,” pungkas Rully. (Ysf)

Komentar

News Feed