Antisipasi dan Penanganan Bencana

Tagana Bartim Siap Bersinergi dengan Seluruh Stakeholder

Taruna Siaga Bencana TAGANA Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah
Taruna Siaga Bencana TAGANA Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah

Tamiang Layang, Akuratnews.com - Taruna siaga bencana (Tagana) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, nyatakan kesiapan untuk ikut peduli dalam mendampingi dan bersinergi dengan seluruh stake holder dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayah Bartim.

Hal ini disampaikan oleh kepala Dinas Sosial Bartim, Ir Riza Rahmadi yang didampingi oleh anggota Tagana, usai kegiatan Apel kesiapan personel dan Sarpras atau sarana dan prasarana tahun 2020 yang di gelar di halaman kantor Bupati, Rabu (28/10/2020).

Apel gelar kesiapan personel dan sarpras serta antisipasi bencana mengambil tema yaitu "Melalui Apel Kegiatan Dan Penggelaran Sarpras, Kita Tingkatkan Sinergi Dalam Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Libur Panjang Tanggal 28 Oktober - 1 November 2020 Serta Kesiapan Menghadapi Bencana Di Wilayah Kabupaten Barito Timur.

Kegiatan apel yang dipimpin secara langsung oleh Bupati kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, SE., MM, turut dihadiri oleh Wakil Bupati beserta jajaran, Wakil ketua II DPRD Bartim, FKPD dan OPD se- Bartim serta beberapa tamu undangan.

"Pada perinsipnya kita siap bersinergi kepada pihak terkait dan berupaya melakukan tindakan penanganan bencana bila diperlukan untuk turut andil mendampingi pada kegiatan sosial," kata Riza.

Dia juga menyebutkan bahwa anggota Tagana berjumlah 43 orang yang terbagi di beberapa wilayah kabupaten Barito Timur yang difungsikan untuk bergerak menangani bencana maupun kegiatan sosial lainnya.

"Taruna Siaga Bencana (TAGANA) adalah relawan sosial yang sudah terlatih atau Tenaga Kesejahteraan Sosial berasal dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana," ucapnya.

Riza berharap dengan adanya Tagana di Bartim dapat berpartisipasi membantu masyarakat yang mengalami bencana maupun lainnya untuk bisa bersinergi kepada pemerintah dan masyarakat luas", pungkasnya.

Baca Juga