Tahapan Digelar Mei 2021, Kadis PMD Sinjai Sebut Syarat Penting Cakades

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, S.Sos. /Ashari/AKURATNEWS
Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, S.Sos. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan akan dimulai Mei 2021 mendatang.

Untuk mensukseskan hajatan enam tahunan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk telah menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai acuan dalam Pilkades.

Salah satu poin yang diatur dalam Perbup ini adalah Calon Kepala Desa (Cakades) diminta untuk melaporkan dana kampanyenya.

Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai bentuk transparansi setiap Calon Kepala Desa.

"Jadi Calon Kepala Desa ini akan melaporkan dana kanpanyenya ke panitia Pilkades yang telah dibentuk oleh desa," ucap Jefrianto di ruang kerjanya.

Selain laporan dana kampanye kata Jefrianto, Calon Kepala dlDesa juga diminta menyampaikan daftar nama tim sukses atau relawan untuk melakukan setiap kegiatan kampanye di desa.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari konflik-konflik yang ada di desa serta meminimalisir politik uang saat tahapan Pilkades berjalan.

"Dengan begitu, konflik antar pendukung dapat dihindari dan juga meminimalisir terjadinya politik uang pada saat Pilkades nanti. Semoga dengan Perda ini, semua bisa berjalan baik dan lancar nantinya," tutupnya.***

Penulis: Ashari

Baca Juga