Tahun Ketiga World CleanUp Day, Lions Club Fokus Pada Permasalahan Sampah

Para pengurus Lions Club Indonesia dari Distrik 307 A 1 dan 307 B 1, yang akan menjadi Host di kegiatan World CleanUp Day 2019 di Jakarta Utara, 21 Sepetember 2019 mendatang.

Jakarta, Akurat news.com – Sebagai organisasi pelayanan yang mengusung pelayanan menyeluruh kepada masyarakat khususnya di tanah air, Lions Club terus berkomitmen dalam melakukan kegiatan social yang selama ini berfokus pada pelestarian lingkungan. Masuk tahun ketiga dalam kegaiatan World CleanUp Day (WCD) 2019, Lions Club berkomitmen untuk merambah pada permasalahan sampah di Indonesia.

Ketua Panitia WCD Wilayah Jakarta Liana Trisnawati, menjelaskan Ini merupakan tahun ke tiga Lions Club mendukung WCD. Dalam kegiatannya, WCD di seluruh dunia diperingati pada hari yang sama dengan mengikuti waktu dari 158 Negara yang memperingati.

“Di Indonesia, diikuti oleh 33 provinsi di seluruh Indonesia termasuk DKI Jakarta, dan disetiap provinsi tersebut dihadiri oleh Gubernurnya. Kami berharap pada hari H nanti, Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda dan Ibu, bisa turut hadir dalam peringatan WCD di Jakarta, dimana puncak upacaranya diselenggarakan di taman wisata alam Angke Kapuk Jakut,” terang Liana, kepada wartawan, (19/9).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Distrik Lions Club Sari Pitaloka, mengatakan pihaknya dalam kegiatannya selama ini focus pada penanaman pohon. Hal tersebut menjadi rutinitas dalam kegaiatan Lions Club beberapa waktu ke belakang.

“Justru tahun ini kami mulai bergeser ke kesadaran masyarakat tentang bagaimana pentingnya memahami jenis-jenis sampah dan memahami bagaimana caranya memilah-milah sampah. Kami ingin mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk pintar bagaiamana caranya sampah itu dipilah-pilah dan diolah kembali dan salah satu kewajiban kami mulai mengurangi plastic,” katanya.

Liana memaparkan, sebagai masyarakat Indonesia tentunya wajib mendukung kegiatan bersih-bersih untuk menuju Indonesia bersih. Di mana dalam kegiatan yang dilakukan oleh Lions Club didukung oleh corporate yang memiliki kepedulian yang sama salah satunya Rinso dan PT Chandra Asri Petrochemical.

“Dengan memilah sampah, kita bisa mencari solusi dari sampah yang sudah mulai bertumbuh, karena nggak sebuah sampah itu bisa dipakai,” katanya.

“Seperti misalnya sampah plastik itu punya punya value. Sampah plastik bisa didaur ulang, bisa dibikin recycle bisa diulang lagi jadi barang-barang yang bisa dipergunakan. Jadi kami juga bekerjasama dengan bank sampah di lima wilayah DKI Jakarta. Setiap sampah yang dihasilkan (memiliki value) kami donasikan kepada Bank Sampah sebagai kepedulian dari Lions Club,” ungkapnya.

Lions Club merupakan organisasi pelayanan berasosiasi dengan Kantor pusatnya di Ilinois Amerika Serikat. Saat ini Lions Club telah memiliki anggota sekitar 1,4 juta orang di seluruh dunia dan di Indonesia sendiri mencapai 10.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam tugasnya di Indonesia, Lions Club membagi menjadi 4 distrik, di mana 2 distrik berada di DKI Jakarta, yakni 307 A 1 dan 307 B 1. Dua distrik ini yang akan bertugas dalam peringatan WCD 2019 yang rencanya akan diperingati pada tanggal 21 Sepetember 2019.

“Kami tertarik untuk mengikuti work line up ini karena Lions klub internasional itu kami mempunyai 5 fokus. Diabetes, Mata, Kanker pada anak-anak, Kelaparan dan terakhir Lingkungan Hidup. Itulah mengapa kami sangat tertarik dan sangat antusias untuk mengikuti program WCD ini. Karena, salah satu tugas kami atau salah satu kewajiban kami adalah bersama masyarakat, membuat bagaimana masyarakat menjadi sadar akan atas lingkungan. ini sebetulnya hanya sebagian kecil kontribusi kami untuk tanggal 21 itu,” pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga