Taiwan Siap Bekerjasama dengan Indonesia Melalui Perusahaan Handal Berteknologi Modern

Salah satu kecanggihan teknologi modern yang diusung dan ditawarkan oleh perusahaan Taiwan Chevalier.

AKURATNEWS - Taiwan merupakan negara yang dikenal dengan produk-produknya yang diakui melalui teknologi modern. Berderet perusahaan yang terus berkembang dengan teknologi mumpuni terus berinovasi dengan segudang penawaran yang dapat dimanfaatkan pasar internasional, khususnya di Indonesia.

Masa pandemi dinilai, industri manufaktur global menghadapi tantangan serta peluang baru, seperti kendaraan listrik dan sektor energi ramah lingkungan. Sangatlah penting bagi para perusahaan manufaktur untuk mengadopsi teknologi intelligent manufacturing guna mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi dalam beradaptasi terhadap permintaan yang terus berubah.

Terlepas dari situasi pandemi covid, pada tanggal 1 dan 2 Desember di Holiday Inn Cikarang, TAITRA memanfaatkan kecanggihan teknologi 360 VR untuk menampilkan smart manufacturing solutions Taiwan dan rahasia dibalik manufaktur nomor satu dan terkemuka di Taiwan yakni VICTOR TAICHUNG, ACCUTEX, CHEVALIER, TECHMAN ROBOT, MULTIPLAS & POLYSTAR. Para perusahaan ternama tersebut berbagi mengenai pencapaian terkini mereka serta cerita sukses dalam berbisnis di Indonesia.

Sebagai eksportir peralatan mesin nomor 5 di dunia, Taiwan memiliki latar belakang yang sangat kuat di bidang IT dan peralatan telekomunikasi, serta rantai pasokan peralatan mesin yang lengkap. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan tersebut sangat mahir dalam menghadirkan solusi smart manufacturing sesuai kebutuhan dalam waktu yang singkat.

Dampak pandemi pada tahun 2020 mengakibatkan nilai ekspor produk mesin Taiwan mencapai USD 26.08 miliar, atau mengalami penurunan sebesar 4.24 dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, berkat kembalinya pebisnis Taiwan yang berinvestasi di Taiwan dan upaya promosi yang dilakukan pemerintah Taiwan untuk peralatan mesin, permintaan pasar domestik berhasil berkembang.

Di tahun 2020, angka dari sektor mesin dan perlengkapan Taiwan berhasil mencapai angka sekitar USD 39.2 miliar, atau setara dengan hasil pencapaian di tahun 2019. Dari Januari hingga Oktober 2021, nilai ekspor meningkat dan mencapai angka USD 27.1 miliar, tumbuh sebesar 28.84 dibandingkan periode yang sama di tahun 2020. Oleh karenanya, sangatlah mungkin bagi nilai produksi dan ekspor dari produk mesin Taiwan untuk meningkat tajam dan membuat rekor baru.

Berdasarkan informasi Menteri Perindustrian, secara garis besar, performa dari industri manufaktur Indonesia telah menunjukan pertumbuhan positif dari tahun ke tahunnya, dilihat dari peningkatan kontribusi terhadap GDP, peningkatan investasi dan ekspor. Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia dalam delapan bulan terakhir semenjak November 2020 mencapai level 50 atau berada pada fase ekspansi, yang mana hal tersebut menunjukan terjaganya optimisme sektor industri, Taiwan tetap menjadi pemasok peralatan mesin terbesar ke 4 untuk pasar Indonesia dan akan terus menjadi partner terbaik untuk Indonesia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga