Zaijian…. Tak Ada Lagi Si Kocak Paman Tat

Hong Kong, Akuratnews.com - Di era 80-90an, wajah aktor kawakan Hong Kong ini tak bakal asing di mata penggemar film action.

Kerap berperan menjadi paman Bo Bo Ho atau bapak Stephen Cow, Ng Man Tat selalu tampil sempurna menghibur lewat karakter kocak yang cenderung bloon.

Aktor yang juga dikenal dengan nama Wu Mengda ini tutup usia pada Sabtu (27/2) pukul 17.16 waktu setempat di usia 70 tahun setelah menderita kanker hati.

Salah satu teman dekatnya, Tenky Tin Kai-man menjelaskan, Ng Man-tat sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Union.

"Dia meninggalkan kami dengan damai. Dokter telah meresepkan obat untuk membuatnya merasa lebih baik. Dia meninggal saat tidur," ujar Tenky Tin Kai-man, sahabat dekatnya seperti dilansir dari The Standard, Sabtu (27/2).

Kabar meninggalnya aktor senior ini juga diunggah Twitter BBC China.

"Bintang film Hong Kong, Wu Mengda meninggal karena kanker hati pada hari Sabtu di usia 70 tahun," tulis BBC.

"Dia sebelumnya dirawat di rumah sakit bulan ini untuk kemoterapi, tetapi kondisinya memburuk," ungkap BBC.

Ng Man Tat lahir di Xiamen, Fujian, China pada 1951. Ia kemudian pindah ke Hong Kong pada usia tujuh tahun.

Dia telah main di lebih dari 200 film dan serial TV selama hidupnya, termasuk 'The Saint of Gamblers' dan 'Shaolin Soccer'.

Dalam beberapa dekade karir aktingnya, dia telah muncul dalam peran pendukung berkali-kali.

Dia juga dikenal sebagai Aktor Pendukung Emas di industri film China dan memenangkan Penghargaan Film Hong Kong untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Ia memulai karirnya sejak usia 22 tahun, pada 1973. Ng juga membintangi sejumlah judul, seperti 'The Final Combat' dan 'The Justice of Life'.

Pada 1991, pemain film kawakan ini dianugerahi Aktor Pendukung Terbaik dalam Penghargaan Film Hong Kong untuk perannya dalam 'A Moment of Romance' yang menampilkan bintang kondang, Andy Lau.

Selain itu, sejumlah nominasi berhasil diperoleh aktor yang kerap dipanggil Paman Tat, termasuk Penghargaan Film Hong Kong dan Penghargaan Kuda Emas Taiwan.

Paman Tat menjadi sangat terkenal saat berakting bersama Stephen Chow dalam beberapa film. Mereka dijuluki pasangan emas yang lucu dan tidak masuk akal.

Di Indonesia, Paman Tat juga terkenal melalui film 'Shaolin Soccer'. Film ini tayang di bioskop pada 2001 silam.

Film ini tergolong sukses dengan mengantongi pendapatan sekitar 42 juta dollar AS dari penonton di seluruh dunia.

Beberapa tahun terakhir ini, kondisi kesehatan Ng memang memburuk. Pada 2014 lalu, ia sempat dilarikan ke rumah sakit karena masalah pernapasan, kemudian didiagnosis mengalami gagal jantung.

Kabar terakhir, Paman Tat sempat dirawat di rumah sakit pada Sabtu (20/2) setelah kembali ke Hong Kong dan saat ini dirawat di bagian onkologi di sebuah rumah sakit.

Tenky Tin pun mengatakan kepada media bahwa kondisi Paman Tat setelah operasi, pada Minggu (21/2) malam.

"Yang terburuk sudah berakhir," katanya.

Teman-teman yang mengunjungi Paman Tat di rumah sakit juga mengatakan dia baik-baik saja sekarang dan istrinya ada bersamanya.

Akan tetapi takdir berkata lain. Hari ini, Sabtu (27/2) Paman Tat tutup usia. Tak ada lagi pamannya Bo Bo Ho dan bapaknya Stephen Chow yang tampil super kocak.

Terima kasih sudah menemani masa kecil banyak orang dengan candaan lucumu..

Zaijian (selamat jalan) paman...

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga