Tak Hanya 21 RT, Banjir Juga Landa Rel KA Kebayoran-Pondok Ranji

AKURATNEWS - Banjir kembali melanda ibukota dan sekitarnya pada Minggu (7/11). BPBD Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 21 RT di pelbagai wilayah DKI Jakarta yang tergenang usai hujan deras yang mengguyur.

Tercatat sebanyak 21 dari total 30.470 Rukun Tetangga (RT) di DKI mengalami genangan. Jumlah itu sekitar 0,069 persen dari total RT di wilayah DKI Jakarta. Lokasi genangan itu tercatat sebanyak 8 titik RT di Jakarta Selatan dan 13 RT di Jakarta Utara.

Di Jakarta Utara, genangan terjadi di Kelurahan Penjaringan dengan 2 RT dan Kelurahan Pluit dengan 11 RT. Penyebab terjadinya genangan di dua wilayah tersebut karena banjir rob.

Sementara di Jakarta Selatan, banjir paling tinggi terjadi di Kelurahan Bintaro dengan 150 Cm yang berimbas genangan di 1 RT. Genangan itu terjadi akibat luapan kali Pesanggrahan.

Luapan Kali Pesanggrahan juga menjadi penyebab genangan di Kelurahan Pondok Pinang yang berimbas pada 4 RT. Lalu berimbas pula di Kelurahan Petukangan Utara dengan 1 RT dan Kelurahan Cipete Selatan dengan 1 RT.

"Kelurahan Gunung, ketinggian air 50 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebab luapan Kali Jelawe," ujar keterangan tersebut.

Banjir juga mempengaruhi transportasi KRL Commuterline. Di jalur antara Pondok Ranji-Kebayoran rel kebanjiran. Kendala operasional terjadi mulai pukul 15.39 WIB sehingga mengakibatkan terganggunya operasional kereta api. Hingga saat ini perjalanan lintas Pondok Ranji - Kebayoran masih terkendala adanya genangan air di jalur rel.

"KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala operasional KRL di KM. 17+3/5 lintas Pondok Ranji-Kebayoran...disebabkan curah hujan tinggi di wilayah tersebut yang mengakibatkan tergenangnya jalur rel," jelas Manager External Relations KAI Commuter Adli Hakim lewat keterangannya, Minggu (7/11/2021).

Sementara itu sejumlah akun media sosial juga melaporkan banjir di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya. Di Jakarta Selatan, kawasan Panglima Polim terendam air berdasarkan pantauan akun Instagram @jktinfo.

Sementara akun @wargatangsel melaporkan banjir di depan STAN Bintaro. Warga Tangerang Selatan yang melintas kawasan STAN diminta mencari jalan alternatif.

Berikut sebaran 21 titik genangan di pelbagai wilayah Jakarta:

1. Jakarta Timur

Sudah kering seluruhnya

2. Jakarta Selatan

Terdapat 8 RT terdiri dari :

- Kel. Pondok Pinang, ketinggian : 90 cm dengan jumlah 4 RT. Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Bintaro. Ketinggian : 150 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Petukangan Utara. Ketinggian : 70 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Cipete Selatan

Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 1 RT/ Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Gunung

Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebab : Luapan Kali Jelawe

3. Jakarta Utara

Terdapat 13 RT terdiri dari:

- Kel. Penjaringan. Ketinggian : 40 cm dengan jumlah 2 RT. Penyebab : ROB

- Kel. Pluit. Ketinggian : 40 s.d. 50 cm dengan jumlah 11 RT. Penyebab : ROB (air laut pasang).

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga