Tak Kenal Libur, KPPN Sinjai Tuntas Cairkan THR ASN Pusat di Sinjai

Kepala KPPN Sinjai, Anas Fazri. /Ashari/AKURATNEWS
Kepala KPPN Sinjai, Anas Fazri. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai, Sulawesi Selatan telah menyelesaikan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2021.

Pencairan THR yang besarnya Rp4,6 milyar lebih itu, diperuntukkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Pusat di Kabupaten Sinjai.

“Setelah lembur di hari Sabtu dan Minggu, alhamdulillah seluruh Satker Pusat di Sinjai telah dicairkan THR-nya hari ini,” ucap Kepala KPPN Sinjai, Anas Fazri kepada AKURATNEWS, Senin (3/5/2021).

THR tahun 2021 yang dibayarkan itu, kata Anas, mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 63 tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021 sebagai petunjuk teknisnya.

“Ada sedikit perubahan pengaturan tentang THR di tahun ini, yaitu regulasinya dijadikan satu dengan pembayaran gaji ketiga belas. Selain itu, THR dan gaji ketiga belas diberikan kepada seluruh aparatur negara tanpa memandang eselonnya, dimana tahun lalu untuk eselon II ke atas, tidak menikmati THR,” ungkapnya.

Anas menjelaskan, di Sinjai terdapat 20 Satker Pusat yang memperoleh pembayaran THR dengan total penerima sebanyak 1.143 pegawai.

Sebagaimana siaran pers Menteri Keuangan tanggal 29 April 2021 lalu, pembayaran THR tahun 2021 dapat dibayarkan mulai 10 hingga 5 hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri.

Hal ini dimaksudkan agar bisa menjadi salah satu faktor untuk mendorong konsumsi masyarakat, sehingga dapat membantu akselerasi pemulihan ekonomi.

“Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk menjaga agar pembayaran THR ini tidak kehilangan momentum, sehingga hari Sabtu dan Minggu pun kami ikhlas lembur agar THR dapat diterima para pegawai secepatnya sebelum lebaran,” akunya.

Sementara untuk THR bagi ASN Pemkab Sinjai, Anas mengaku telah mengkoordinasikannya agar segera dicairkan. Jika pembayaran THR untuk ASN Pemkab sudah dicairkan, maka jumlahnya tak kurang dari Rp21 miliar.

"Ini sebuah potensi yang cukup besar untuk menggerakkan konsumsi masyarakat di Sinjai, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Semoga THR tahun 2021 ini menjadi keberkahan untuk seluruh masyarakat di Sinjai khususnya, dan Indonesia pada umumnya," tutupnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga